image_pdf

Malang. Demi meningkatkan kualitas dan mutu layanan informasi kepada masyarakat, Sub Bagian Sistem Informasi (SI) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar “Workshop Pengelolaan dan Pengembangan Website Unit Kerja dan Fakultas di Lingkungan Universitas Negeri Malang (UM)”. Workshop tersebut dilaksanakan mulai pukul 13.30 – 16.30 di Ubud Hotels and Cottages pada Senin (29/04). Workshop ini dihadiri oleh seluruh perwakilan pimpinan, lembaga, biro, unit kerja, dan fakultas di UM.

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd selaku Wakil Rektor IV UM juga turut hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop tersebut. Mengingat di era saat ini pentingnya pengaruh website tidak perlu diragukan lagi, beliau (atas nama UM) sangat mengapresiasi positif atas adanya workshop ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “Website merupakan loudspeaker UM pada masyarakat, karena radius dari PTN adalah Indonesia, bahkan apabila UM ingin menjadi rujukan dunia maka radius UM adalah dunia.” Ujar beliau.

Terdapat tiga pemateri yang dihadirkan dalam workshop ini. Pemateri pertama ialah Sandra Irawan, S.S, S.Kom., M.Phil. yang membahas mengenai keamanan server. Dalam penyampaian materinya, beliau menyebutkan ancaman dan serangan yang sering terjadi beserta solusi yang bisa dilakukan. Para audiens juga diajak untuk langsung membuka sekaligus mengelola situs website masing-masing.

Pemateri yang kedua, Denky Adityo Dwi Wibowo, A.Md menerangkan tentang kebijakan pengelolaan website berbasis wordpress. Beliau menyebutkan bahwa tiap-tiap jurusan, fakultas maupun unit kerja bertanggung jawab atas konten yang telah dibuat. “Konten-konten yang ada harus memenuhi dua kriteria yaitu up to date dan bersifat publik sehingga dapat dibagikan kepada seluruh penikmat informasi.” Ucapnya.

Adapun pemateri yang ketiga yakni Utomo Pujianto, S.Kom, M.Kom menjelaskan mengenai fungsi utama website sebagai salah satu indikator penting dalam peningkatan webometric dan UM di mata dunia.

Dengan adanya “Workshop Pengelolaan dan Pengembangan Website Unit Kerja dan Fakultas di Lingkungan Universitas Negeri Malang (UM)” diharapkan UM bisa lebih berprestasi lagi dan memberikan pelayanan informasi yang baik bagi masyarakat.

Pewarta : Salsabila Esya Kusdianti – Internship Humas UM