image_pdf
Dekan FIK UM, Dr. Sapto Adi, M.Kes (kedua dari kanan) memberikan sertifikat kegiatan FGD kepada peserta, didampingi Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd (paling kiri), dan Dr. Imam Hariadi, M.Kes (paling kanan).

Malang, 25 Juni 2024 – Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIK UM) yang tergabung dalam kelompok penelitian PUI-CCPA (Pusat Unggulan Inovasi-Center of Children Physical Activity) melangsungkan kegiatan Forum Group Discussion (FGD ) dengan temaKerangka Kurikulum Literasi Fisik untuk Anak Usia 3-5 dan 3-6 Tahun serta Nilai-Nilai Universal Pendidikan Jasmani”. Kegiatan FGD ini telah dilaksanakan selama enam hari berturut-turut baik daring maupun luring, 20 – 25 Juni 2024, dengan berkolaborasi bersama 82 Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar se-Malang Raya.

Ketua pelaksana kegiatan yang juga merupakan ahli dalam bidang evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani, Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd menyampaikan kegiatan FGD ini bertujuan untuk merekonseptualisasi PJOK.

’’ Kegiatan hari ini mengembangkan asessmen pembelajaran, identifikasi dan adaptasi nilai-nilai universal serta telaah kurikulum merdeka. Kami bersyukur sekitar guru PJOK SD yang tersebar di seluruh wilayah Malang Raya turut bergabung dalam kegiatan FGD ini,’’ jelasnya pada FGD pertemuan akhir yang dilaksanakan secara luring, 25 Juni 2024, di Hotel Atria Malang.

Para peserta Forum Group Discussion (FGD) dengan berkolaborasi bersama 82 Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar se-Malang Raya.

Selain itu, Guru Besar FIK UM, ini juga menyajikan materi terkait nilai-nilai universal PJOK. Pada sesi ini Guru-guru tidak hanya menikmati paparan dan mendengarkan materi dari beberapa narasumber tetapi para guru diajak berdiskusi tentang dinamika keolahragaan dan kondisi faktual pendidikan jasmani dilapangan. Sehingga besar harapanya kolaborasi antara akademisi dan praktisi ini bisa menjadi daya upaya untuk mengurai benang kusut problematika olahraga.

Semantara itu, Dekan FIK UM, Dr. Sapto Adi, M.Kes. menyambut positif kegiatan kolaborasi antara dosen dengan guru PJOK yang notabene adalah para alumni dari FIK UM. Beliau juga berpesan untuk terus menjaga silaturahmi antar alumni untuk tetap berjeraring dalam konteks keolahragaan demi kemajuan olahraga baik olahraga pendidikan maupun olahraga prestasi.

’’Kami senang, para alumni FIK dapat mengabdi untuk kemajuan perkembangan keolahragaan, khusunya di Malang raya. Mari terus untuk bersinergi, saling jaga komunikasi, sehingga secara bersama-sama kita membantu negeri ini mewujudkan hidup sehat dan sejahtera,’’ pesannya.

Para peserta Forum Group Discussion (FGD) dengan berkolaborasi bersama 82 Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar se-Malang Raya

Antusiasme Peserta dan Harapan di Masa Depan

Respon guru terhadap kegiatan FGD yang berkolaborasi dengan Yayasan Active Movement Indonesia ini sangat positif. Banyak peserta diskusi yang merasa bahwa tema yang diangkat sangat relevan dan relate dengan pengalaman mereka selama menjadi pendidik.   Kegiatan yang dilakukan ini tidak hanya berhenti pada kegiatan FGD ini saja, tetapi akan ditindak lanjuti dengan MoU antara Fakultas Ilmu Keolahragaan dan KKG (Kelompok Kerja Guru) PJOK disetiap kecamatan yang tersebar di Malang Raya untuk melaksanakan kegiatan diskusi dan workshop yang berkelanjutan. Hal ini akan menjadi project jangka panjang dan berkelanjutan dalam rangka tukar pengetahuan serta pengalaman dalam Pendidikan Jasmani.

Melalui kegiatan ini, UM juga turut berkomitmen dalam menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat (SDG’s 3).

Kontributor : Nurrul Riyad Fadhli, S.Pd, M.Or

Kepala Laboratorium Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UM