image_pdf
Masyarakat banyak yang tertarik mengunjungi Bus KPK

Malang. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hadir di kota Malang dengan Bus yang penuh edukasi. Roadshow Bus KPK 2019 ini hadir ditengah tengah masyarakat kota Malang selama tiga hari (6-8/9). Hadirnya Bus KPK di Balai Kota Malang disambut antusias oleh para pelajar kota malang dari jenjang pendidikan dasar, menengah, tinggi dan masyarakat umumnya. KPK hadir di kota malang dalam rangka mengenalkan tugas dan sembilan nilai antikorupsi.

“Kami hadir di kota Malang bukan untuk menangkap koruptor. Tapi mengajak semua pelajar khusunya kota Malang untuk antikorupsi sesuai jorgon Bus KPK 2019 Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi. Disini kami tidak sendiri, tapi dibantu oleh fasilitator dari mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM).” terang Dony Mariantono koordinator lapangan roadshow bus KPK.

Pengunjung Bus KPK menikmati permainan

Bus KPK 2019 memiliki interior yang apik sehingga masyarakat Malang dibuat penasaran oleh isi bus dimana sudah banyak yang mengantre untuk masuk. Di dalam bus KPK berisi 8 komputer yang dilengkapi dengan meja, kursi dan headset, perpustakaan kecil yang berisi buku bacaan tentang KPK, DVD, TV, AC, sound, permainan dari KPK diantaranya bernama Terajana, Keranjang Bolong, PDKT dan lainnya. Pengunjung dibuat nyaman dengan konsep bus yang sedemikian rupa.

Komputer di bus KPK berisi aplikasi profil KPK, Jaga dan MCP Pencegahan, LHPKN, Gratifikasi, Pengaduan Masyarakat, Portal Informasi Antikorupsi, Film Antikorupsi, Musik Antikorupsi, Buku Antikorupsi, Iklan Layanan Masyarakat, Penyuluh Antikorupsi dan Games. Banyak pilihan aplikasi yang disuguhkan KPK untuk masyarakat, namun hanya satu aplikasi yang menyita perhatian kalangan pelajar hingga didalam bus penuh sesak yaitu games. Mulai pagi hingga sore bus KPK ramai pengunjung, meski masuk hanya sekedar lihat-lihat atau mengambil jepretan isi bus.

Voluntir Bus KPK asal UM berfoto bersama

“Siapa yang tidak dibuat nyaman ketika sudah di dalam Bus KPK? Busnya bersih, rapi, di lengkapi perpustakan kecil dengan buku bacaan tentang KPK, permainan dan komputer lengkap dengan headset dan penunjangnya. Selain itu juga ber AC, jadi didalam bus lebih adem dari pada di luar. Karena banyak antrean di pintu bus, saya tidak bisa lama untuk menggunakan komputernya,” terang Diana salah satu pengunjung.

Games yang dimainkan pelajar bukanlah sembarangan. Di dalam permainannya mengandung edukasi antikorupsi, judul permainan juga dikemas menarik untuk dimainkan siswa diantaranya Nyontek, Sahabat Pemberani Acak Cerita, Sahabat Pemberani Tangkap Kata, Sahabat Pemberani Board Game, Bolos Sekolah, Robot KPK, D Jamal Mahalnya Kejujuran dan Tangkap Koruptor yakni permainan yang membutuhkan kemampuan matematika siswa dimana sebelum menangka koruptor pemain harus membuka brankas berisi bukti korupsi dengan menghitung penjumlahan.

Tidak hanya permainan di dalam bus, pelajar juga mendapatkan sosialiasi terkait KPK oleh Dony dan Dyan dari pihak KPK yang dilanjutkan tanya jawab. Hal menarik lainnya siswa diajak senan KPK. Antusias masyarakat kota Malang membludak di hari terakhir roadshow bus KPK yang berada di Car Free Day (CFD) Simpang Balapan, sehingga di dalam bus tidak ada lenggangnya.

Pewarta           : Riska Febrianti  – Internship Humas UM