image_pdf

Malang-  Sosialisasi bisnis yang diperuntukkan 30 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM)  dilaksanakan di ruang rapat Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerjasama (BAKPIK) UM Lt. 2 gedung Graha Rektorat. Pada acara tersebut turut hadir Wakil Rekor III UM, Kabag Kemahasiswaan UM, anggota BAKPIK UM, para dosen pedamping di setiap fakultas, dan 30 mahasiswa wirausahawan (23/04). Kegiatan yang bertujuan untuk membangkitkan semangat mahasiswa dalam berwirausaha dan menjelaskan tujuan kewirausahaan yang dilakukan mahasiswa.

Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd. menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Program kewirausahaan ini tidak semata-mata untuk menjadikan saudara mampu betahan hidup, tetapi lebih dari itu saudara dapat mewarnai hidup saudara. Awalnya mungkin hanya untuk mampu bertahan hidup, namun, karena kemampuan berwirausaha kalian bagus maka perlu untuk dikembagkan sehingga dapat mewarnai hidup” ujarnya. Beliau juga menambahkan bahwa para wirausahawan muda UM ini dapat bermanfaat bagi orang lain dengan keuntungan yang didapatkannya.

Selain itu, ke-30 mahasiswa ini diharapkan mampu bersaing dengan wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa PTN lainnya. Prestasinya yang akan menjadi sumbangsih bagi kampus tercinta apabila wirausahawan UM mampu menorehkan prestasinya diberbagai bidang perlombaan bisnis, contohnya Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang akan diadakan di Batam pada November mendatang.

Pada kegiatan tersebut juga disampaikan strategi-strategi yang dapat membantu mereka bersaing dengan wirausahawan lainnya serta menjelaskan kriteria-kriteria wirausahawan yang berpotensi memenangkan KBMI. Selain itu, coach bisnis plan area Malang menyampaikan “KBMI ini memiliki kriteria yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana pada tahun ini wirausahawan muda dituntut untuk mengangkat tema teknologi sebagai tema utama perlombaan tersebut”, ujar Happy.

Jadi ke-30 mahasiswa wirausahwan UM diharapkan agar dapat mengkombinasikan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi yang ada baik pada proses pembuatan produk, pengolahan bisnis, pengembangan bisnis, dan lain sebagainya.

Pewarta           : Salsabila Indana-Internship Humas UM

Fotografer       : Adinda-Internship Humas UM