image_pdf

Malang. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperingati perayaan Hari Kartini. Biasanya masyarakat merayakannya dengan mengadakan suatu perlombaan dengan peserta ibu-ibu maupun menyelenggarakan seminar dan semacamnya. Hari Kartini identik dengan adanya peningkatan hak-hak perempuan, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan.

Di zaman globalisasi seperti sekarang ini, pendidikan tidak hanya bisa didapatkan di bangku sekolah, namun juga di sekeliling kita. Hal itulah yang menjadi salah satu dasar bagi KKN Sinambung 2019 Universitas Negeri Malang Kelompok Desa Langlang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang untuk menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Pembinaan dan Sosialisasi Potret Wanita sebagai Seni Membangun Motivasi Kesuksesan Anak dan Upaya Mengembangkan Bisnis Wirausaha Desa Langlang”.

Melalui kegiatan tersebut, kelompok KKN Sinambung UM 2019 diharapkan mampu memberikan pengetahuan mengenai dunia wirausaha oleh perempuan dan parenting kepada ibu-ibu di Desa Langlang.

Terdapat dua materi dalam kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Langlang ini, pertama adalah yang disampaikan oleh Ibu Raisa Fitri, S.AB, MM dengan judul materi Wirausaha Perempuan dan Tantangannya. Ibu Raisa selaku dosen dari UM memaparkan pentingnya membangun wirausaha bagi ibu-ibu rumah tangga. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendorong komunitas perempuan agar memiliki kekuatan dan sumber daya untuk meningkatkan kualitas hidup untuk keluarga mereka dalam bentuk kegiatan berbisnis (ekonomi). Kemudian secara bertahap hal tersebut akan berdampak kepada perubahan nilai-nilai sosial, pendidikan, budaya dan politik. Hal demikian selaras dengan ucapan Kartini, “Kami tidak mencari kebahagiaan sendiri, melainkan kebahagiaan rakyat kami. Kami tidak mengharapkan bunga mawar untuk kami sendiri!”. Sejahteranya kaum perempuan memang akan berdampak pada kesejahteraan semua aspek dalam kehidupan.

Materi kedua disampaikan oleh Ibu Mulyaningtyas SE, M.Ak yang berduet dengan Ibu Justita Dura SE, M.Ak. Keduanya adalah dosen dari STIE Malang menyampaikan materi dengan judul “Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital”. Beliau berdua memaparkan pentingnya orang tua menjaga anak-anaknya dari pengaruh negatif smartphone. Diharapkan adanya smartphone dapat menjadi salah satu alat pembuka jendela dunia akan pengetahuan, bukan hanya dipakai untuk akses gaming dan media sosial semata.

Sebanyak 50-an peserta dari ibu-ibu PKK Desa Langlang datang di acara ini. Acara dilaksanakan pada Minggu, 21 April 2019 pukul 09.00 WIB – selesai bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Para peserta sangat antusias mengikuti acara ini, diakhir acarapun mereka saling bertukar pikiran dengan pemateri mengenai dunia usaha yang sudah mulai mereka rintis.

Pewarta: Filianti (Fili)

Mahasiswa S1 Manajemen UM Angkatan 2015