image_pdf
Sosialisasi Pemeriksaan Produk Halal LPPOM MUI dan LPPM UM

Integritas, Handal, Sinergi, Antusias berinovasi, dan Nomorsatukan pelanggan atau biasa disingkat IHSAN merupakan slogan dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI). Lembaga tersebut melakukan tanda tangan kerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Malang (UM) untuk selenggarakan sosialisasi dan koordinasi pemeriksaan produk. Acara tersebut diselenggarakan di Aula Lantai 9 GKB A20 UM pada Rabu (1/03). Sederet pimpinan LPPOM dan UM turut hadir untuk mengikuti sosialisasi ini.

Ketua LPPM UM, Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si., memberi sambutan hangat sekaligus menyampaikan harapan dan doanya untuk kegiatan ini. “Kegiatan sosialisasi dan kerja sama ini mudah-mudahan bisa dilakukan dengan segera kegiatan-kegiatan kedepannya untuk mewujudkan islam yang halal dan thayyib di seluruh kehidupan kita sehari-hari. Maka dari itu, acara ini penting untuk kita selenggarakan atas kerja sama LPPOM MUI Jawa Timur dengan LP2M UM,” ujar Prof. Markus.

Ketua LPPM UM, Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si. memberikan cinderamata kepada Direktur LPPOM MUI Jawa Timur

Ketua LPPM UM menyambung sambutannya dengan menceritakan sejarah lembaga halal di UM. “Tri Dharma Perguruan Tinggi itu bukan sekedar hanya pendidikan tetapi juga penelitian dan pengabdian. Kalau di UM itu sejak kami dilantik di tahun 2019, yang dipikirkan pertama adalah pusat penelitian dan pusat halal. Pada periode kedua ini pusat halal tetap ada, namun bergabung menjadi satu dengan pusat kesehatan pangan,” sambung Prof. Markus.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur LPPOM MUI Jawa Timur menyampaikan sambutan terkait tujuan dari agenda ini. “Tujuan dari agenda ini terkait pemeriksaan kehalalan produk, dimana hal ini  merupakan agenda rutin tahunan kami. Kami ingin mendekat kepada umat dan masyarakat karena kami sebagai lembaga pengkajian makanan dan obat memiliki tanggung jawab moral dibawah naungan MUI Jawa Timur. Kami memiliki slogan IHSAN (Integritas, Handal, Sinergi, Antusias berinovasi, dan Nomorsatukan pelanggan), jadi tugas kita bersama mewujudkan Indonesia menjadi negara yang segi penduduknya mayoritas muslim untuk kehalalan produk bagi kenyamanan umat. Insyaallah kalau semua produk bisa memperoleh label halal thayyiban, maka perekonomian pun akan mampu terdongkrak” ucap Direktur LPPOM MUI Jawa Timur.

Pewarta: Nahdiatul Affandiah – Internship Humas UM.

Editor: Luthfi Maulida Rochmah