image_pdf

Malang. Bank Indonesia (BI) perwakilan Malang bersama dengan Generasi Baru Indonesia (GenBI) komisariat Malang melaksanakan Sosialisasi Program Beasiswa Bank Indonesia, pada hari Rabu 6 Februari 2019 bertempat di Aula Utama A3 lantai II UM mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Sosialisasi program  yang diikuti oleh 100 orang mahasiswa UM dari delapan fakultas ini bertujuan  untuk  meningkatkan kapasitas generasi muda Indonesia khususnya mahasiswa UM.  Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor III UM Dr. Mu’arifin, M.Pd, Kabag Kemahasiswaan Drs. Taat Setyohadi, Kasubag Kesma Subur Hariono, S.Pd, dan Bapak Jaka Setyawan selaku Assisten Direktur BI perwakilan Malang.

Dr. Muarifin, M.Pd.  mengapresiasi pelaksanaan program Beasiswa Bank Indonesia ini dengan baik. Menurutnya program beasiswa ini akan meningkatkan kualitas mahasiswa UM dalam kegiatan akademisnya. “Program beasiswa Ini diibaratkan simbiosis mutualisme dimana UM sangat beruntung mendapatkan amanah ini untuk dapat membantu mahasiswa meningkatkan penerapan ilmu  ke depannya, sedangkan pihak BI akan mendapatkan amal jariyah yang terus menerus dari beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa,” ujarnya.

“Tentu saja UM menyambut secara terbuka dan diharapkan program serupa akan berkelanjutan. Adanya beasiswa membuat mahasiswa termotivasi dan mendapat fasilitas untuk meraih cita-citanya. Saya selama jadi mahasiswa tidak pernah dapat beasiswa karena keterbatasan komunikasi,” katanya menceritakan masa kuliahnya di IKIP Malang angkatan 1984.

“Saat itu padahal ternyata banyak beasiswa yang ditawarkan, ada Supersemar, PPA dan dari bank-bank. Berkaca dari itu, kalian yang datang ke acara ini beruntung. Sebab kalian bisa mendengarkan info beasiswa itu dari BI sendiri. Siapa tahu dari 50 persen yang datang ini bisa mendapat beasiswa, “terangnya.

Sementara itu Bapak Jaka Setyawan menyatakan program Beasiswa yang di guliran oleh BI sudah berlangsung lama. “Program ini sudah ada sejak tahun 2000 pasca krisis ekonomi, dan terus berlanjut sampai sekarang,” ungkapnya.

“Tentu saja program ini mendapat respon  yang baik dari mahasiswa, hal ini dapat dilihat dengan peningkatan jumlah mahasiswa penerima setiap tahunnya. Hal ini berbanding sama dengan besaran nilai beasiswa yang terus meningkat dimana tahun ini perbulannya mahasiswa penerima mendapat Rp.1 juta perbulannya dan  ini sangat membantu mahasiswa,”tambahnya.

“Pada tahun 2019 BI memberikan beasiswa di tiga kampus yang ada di kota Malang meliputi UB, UIN Maliki dan UM. Sedangkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa berjumlah 50 orang penerima beasiswa per universitas dengan total penerima untuk wilayah Malang mencapai 150 orang, tentu saja melalui beberapa proses yang di tentukan,” jelasnya.

Tidak hanya beasiswa yang akan didapatkan oleh mahasiswa penerima, mereka  juga akan bergabung secara langsung dalam GenBi dimana tiap tahunnya akan ada kegiatan berupa program pelatihan baik skala lokal dan nasional. “Tentu saja programnya meliputi leadership,serta berbagai program lainnya. Bisa ikut program belajar menulis atau  lainnya. Tujuannya agar mahasiswa memiliki capacity building usai lulus kuliah.” tandasnya.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk dapat menerima beasiswa BI adalah harus menyelesaikan 3 semester dan/atau menempuh 40 sks, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4), Calon penerima beasiswa harus Aktif dalam kegiatan sosial yg bermanfaat bagi masyarakat, Umur tidak lebih dr 23 tahun (tahun kelahiran maksimal pada 1996), Tidak sedang menerima beasiswa dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/Instansi lain, Berasal dari Keluarga Pra Sejahtera (menyertakan surat keterangan dari desa), Memperoleh rekomendasi dari pimpinan (rektor/pembantu rektor) atau pejabat perguruan tinggi, Bersedia berperan aktif dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GENBI) dan berpartisipasi dalam kegiatan Bank Indonesia (menyertakan surat pernyataan bermaterai), Menyertakan surat rekomendasi dari tokoh akademik ataupun non akademik, Menyertakan sertifikat penghargaan.

Selain itu terdapat beberapa fakultas yang dipersyaratkan dalam beasiswa ini, antara lain dari Fakultas Ekonomi  (Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen & Akuntansi), Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial Politik (Ilmu Komunikasi), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Pertanian/Agrobisnis/Peternakan, dan Fakultas Teknik (Teknik Informatika).

Banyak sekali manfaat yang akan diterima jika dinyatakan sebagai penerima beasiswa BI ini selain mendapat bantuan pendidikan perbulan.

Pewarta: Kautsar S.