image_pdf
FOTO PARA PEMATERI DAN WAKIL REKTOR III UM

Malang. Dalam rangka Sensus Penduduk Tahun 2020, Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Malang bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang (UM) dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020 Goes to Campus. Acara ini merupakan kegiatan untuk mensosialisasikan Sesnsus Penduduk Pada Tahun 2020. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (27/11) bertepatan di Gedung Sasana Budaya UM, menghadirkan 3 pemateri. Pemateri pertama yaitu Bapak Drs. Sunaryo, M.Si selaku Kepala BPS Kota Malang, pemateri kedua yaitu G. Raymond H. Matondang perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang dan pemateri ketiga dari Dosen Geografi UM yaitu Prof. Dr. Budjianto M.Sos.

Dalam penyampaian materi oleh Bapak Drs. Sunaryo, M.Si menjelaskan tentang Sensus Penduduk 2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, materi ini disampaikan pada Rakortek SDGs dan SP2020.

“SP2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7, pada sensus Tahun 2020 ini menggunakan beberapa metode, salah satunya adalah Sensus Penduduk Online”.

FOTO BERSAMA PANITIA, PESERTA DAN PEMATERI

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa Sensus Penduduk Online merupakan kesempatan penduduk Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan SP2020 dengan melakukan pendataan mandiri, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas. Sensus Penduduk Online akan dilaksanakan pada 15 Februari s/d 31 Maret 2020 di laman https://sensus.bps.go.id/ .

Dengan jargon “Mencatata Indonesia” diharapkan dapat menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Idnonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

JARGON DAN GERAKAN MENCATAT INDONESIA

Pemateri kedua G. Raymond H. Matondang menyampaikan materi tentang Peranan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Beliau menjelaskan bahwa terdapat empat Program Pokok GISA yang wajib dilaksanakan oleh Gubernur dan Bupati yaitu : Pertama : Program sadar kepemilikan dokumen Kependudukan; kedua : Program sadar Pemutakhiran Data Penduduk; ketiga : Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan; keempat : Program sadar melayani Administrasi Kependudukan.

Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari pembukaan oleh Panitia, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Sambutan Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin M.Pd, Sambutan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi SP2020 oleh Bapak Drs. Sunaryo dan penyerahan simbolis alat sosialisasi SP2020. Dilanjutkan dengan pembacaan doa dan kegiatan inti yaitu penyampaian materi dari ketiga pemateri. Kegiatan ini diakhiri dengan kuis dan doorpize.

Pewarta : Riki Pratama- Internship Humas UM