image_pdf

Malang. UM mengadakan “Sosialisasi Website PKKMB UM tahun 2020” untuk memperkenalkan lebih lanjut mengenai tata cara maupun isi dari konten yang akan diberikan kepada mahasiswa baru. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wahana bagi perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru. Pembelajaran secara daring yang dilakukan pada masa pandemi menyebabkan beberapa perubahan pada PKKMB yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) tahun ini.

Penyampaian sosialisasi website PKKMB UM

Perubahan yang nampak pada pelaksanaan PKKMB tahun ini adalah dilakukan secara daring melalu website yang telah disediakan oleh UM. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (18/09) di Aula Utama Gedung A3 FS UM ini diikuti oleh para pendamping dan perwakilan organisasi mahasiswa. Dr. Mu’arifin, M.Pd. Selaku Wakil Rektor III UM turun tangan langsung dalam penyampaian isi sosialisasi.

“Tujuan dari PPKMB sebenarnya hanya satu, yaitu memberikan pelayanan akademis kepada mahasiswa baru agar mereka cepat dan tepat beradaptasi pada lingkungan kampus. Lingkungan kampus terdiri dari dua yakni akademik dan non-akademik. Kegiatan kemahasiswaan atau ekstrakulikuler biasa disebut non-akademik, sedangkan hal – hal yang besifat akademik adalah yang biasa kita kenal dengan Tri Dharma perguruan tinggi. Tugas kita adalah memperkenalkan kedua lingkungan tersebut kepada mahasiswa. UM tidak akan melaksanakan kegiatan live streaming, namun kita menyiapkan tiga produk yang akan dikenalkan kepada mahasiswa.” Ujar Dr. Mua’arifin.

PKKMB yang dilaksanakan pada tanggal 21 – 24 September 2020 diikuti oleh sekitar 7.300 mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang belum pernah ikut. Konten website berisikan tentang video, power point, dan narasi suplemen yang bisa diakses melalu website layaknya pembelajaran jarak jauh. Mahasiswa akan dituntun untuk mempelajari konten dan akan diberikan tugas setiap harinya. Materi yang diberikan terdiri atas dua, yakni universitas yang bersifat general dan fakultas yang terfokus pada jurusan dan hal spesifik lainya.

Sesuai dengan motto “Berkarya dan Terus Berkarya”, inovasi yang dibuat oleh UM diharapkan mampu dijadikan contoh oleh perguruan tinggi lain. Selain itu juga dengan mengadaptasi model pembelajaran daring, diharapkan mahasiswa baru mampu beradaptasi dengan cepat dan tepat.

Pewarta : Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM