image_pdf

Malang. Christian Hadhinata sebagai mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) berhasil memperoleh juara 1 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). LKTI tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Brantas dalam rangka peringatan Hari Air Dunia (HAD) XXIX 2021.

LKTI HAD XXIX 2021 dilaksanakan pada 1-18 Maret 2021 dengan mengusung tema “Menghargai Air Menambah  Nilai Air dalam Kehidupan Manusia Berkaitan dengan Aspek Lingkungan, Ekonomi, Sosial, Budaya, dan lainnya”.

Dalam persiapannya menuju LKTI HAD XXIX 2021, Christian mempersiapkan dengan mendadak, namun kemahirannya dalam mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama kuliah sangat membantunya dalam perlombaan kali ini. “Persiapannya bisa dibilang mendadak karena saya baru mengerjakan lima hari sebelum penutupan pendaftaran”, ucap Christian.  

Karya yang dibawakan Christian pada LKTI kali ini berjudul “Duri Kosambi Sponge Park : Redesigning Ruang Terbuka Hijau Duri Kosambi dengan Penerapan Sponge City Concept sebagai Upaya Pencegahan Banjir di Jakarta”. Christian menjelaskan bahwa latar belakang dari karya tersebut berangkat dari permasalahan banjir di Jakarta, munculnya sponge city concept, dan belum termanfaatkannya RTH sebagai lokasi penyerap air di saat hujan.

Christian mengaku sempat pesimis dengan presentasinya kepada juri ketika final. “Saya merasa speechless dan sempat pesimis dapat juara harapan karena persiapan presentasi yang kurang. Tetapi alhamdulillah dapat juara 1”, imbuhnya.

Christian berharap mahasiswa teknik sipil lainnya dapat mengimplementasikan gagasannya melalui perlombaan KTI dan mengharumkan jurusan Teknik Sipil UM. “Harapan saya, semoga mahasiswa TS UM semakin banyak yang mencetak juara dan membanggakan nama jurusan TS UM”

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM