image_pdf
Prof. Dr. Ocky Kama Radjasa, M.Sc. menjelaskan materi webinar

Malang. Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) selenggarakan Web Seminar (Webinar) terkait dengan Strategi mendongkrak dampak riset dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Malang pada Jumat (03/07) melalui aplikasi pertemuan virtual Zoom dan disiarkan di akun Youtube UM Channel.

Narasumber dalam webinar ini adalah Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek/BRIN yakni Prof. Dr. Ocky Kama Radjasa, M.Sc. dan Rektor UM yakni Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Webinar tersebut dihadiri oleh anggota Rapim UM, Pejabat structural Wadek, Wadir, Koorprodi, TPP dan Pengelola Jurnal di UM, dosen UM, dan mahasiswa S1, S2, S3 UM.

Peserta Webinar Pascasarjana UM

“Penelitian menjadi core, bagian utama, dimana diharapkan output atau luaran penelitian itu bisa menjadi materi ajar, buku ajar, publikasi, dan sebagainya. Diharapkan bisa menjadi program implementasi dalam pengabdian masyarakat yang berbasis riset. 16 dari 24 point standard nasional Perguruan Tinggi ditentukan oleh Penelitian dan Pengabdian, sehingga UM harus terus memperkuat luaran penelitian sesuai harapan,” ujar Prof. Dr. Ocky Kama Radjasa.

Moderator webinar

Materi dilanjutkan oleh narasumber kedua yakni Rektor UM, Ia menjelaskan terkait kondisi terkini dan pencapaian-pencapaian riset sivitas akademika UM di kancah nasional maupun internasional. UM memiliki potensi besar, sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga, riset dan penelitian pasti bisa ditingkatkan lebih baik lagi dan memberikan dampak yang signifikan bagi dunia akademik dan masyarakat sekitar.

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. menyampaikan materinya

“Kebijakan sudah dituangkan ke dalam regulasi. Dosen, mahasiswa dan tendik mari berkontribusi bersama-sama. Sehingga UM dan kita semua bisa terus pada jalan yang benar untuk meningkatkan dampak penelitian dan riset tersebut. Publikasi riset itu tidak hanya dipublikasikan saja tetapi juga berdampak seperti produknya digunakan masyarakat, tulisannya disitasi, dan ide-ide tersebut dapat diimplementasikan secara nyata dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Prof. Dr. AH. Rofiuddin dalam penyampaian materinya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM