image_pdf
Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. saat membuka workshop

Malang. Dalam rangka memberikan wawasan lebih banyak terkait Karier Jabatan Akademik Lektor Kepala dan Profesor, Subag Kepegawaian Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan Workshop Strategi Percepatan Karier Jabatan Akademik Lektor Kepala dan Profesor. Kegiatan yang diikuti oleh 93 orang peserta ini dilaksanakan pada hari Selasa  12 November 2019 bertempat di Hotel Santika Malang, Jl. Letjen Sutoyo No.79, Lowokwaru mulai pukul 08.30 hingga pukul 16.30 WIB.

Terdapat empat orang narasumber berkompeten dibidangnya yang menyampaikan materi dengan sangat apik, diantaranya Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A. Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia- Kemenristekdikti yang menyampaikan materi dengan topik Kebijakan Penilaian Angka Kredit (PAK) Dosen, Mochamad Panji Pujasakti, MT Kepala Subdirektorat Karier Pendidik-Kemenristekdikti yang menyampaikan materi tentang Pengusulan PAK online dan permasalahannya. Selain itu workshop ini juga diisi penyampaian materi dari narasumber internal UM seperti Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si. Ketua TPJAD UM yang menyampaikan materi Best Practice Penyusunan Karya Ilmiah dan Penilaiannya, dan Dr. Ahmad Taufiq, M.Si. Kepala Pusat Publikasi Akademik yang mempresentasikan materi tentang  Publikasi Karya Ilmiah dan Plagiarisme.

Seluruh peserta workshop berfoto bersama

Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. yang membuka kegiatan workshop selama sehari ini menyampaikan bahwa seluruh peserta yang diundang mengikuti workshop merupakan Tim Penilai Jabatan Akademik tingkat universitas maupun fakultas.

“Pada tahun 2019 ini jumlah Profesor di UM bertambah 7 orang, sehingga kita memiliki 82 orang professor yang menyebar di FMIPA ada 5 orang, 1 orang di FS, dan 1 oarang di FIP. Alhamdulillah jumlah profesor UM dapat bertambah, mudah-mudahan hal ini bisa terus, mendatang semoga professor yang diusulkan dapat memperoleh kelancaran. Hal ini semua dapat terjadi berkat kerja keras teman-teman di TPJAD UM, terutama pada Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si. selaku ketua tim,”jelasnya.

Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A.
Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia- Kemenristekdikti

“Saat ini jumlah Lektor Kepala ada 299 orang, dan Lektor berjumlah 268 orang, Asisten Ahli berjumlah 129 orang dan tenaga dosen berjumlah 159 orang. Sehingga walau dalam workshop ini yang kita sebut percepatan jabatan akademik lektor kepala dan profesor, tetapi tidak berarti jabatan Lektor dan Asisten Ahli tidak penting, tetapi kita utamakan dulu. Selama ini kami di UM telah berusaha keras terkait percepatan jabatan akademik ini karena kami memang menyadari posisi, peran, fungsi, dan bahan poin untuk lektor kepala dan profesor ini demikian besar. Bidang II juga telah mencoba berbagai cara antara lain tim TPJAD UM telah melakukan penyelarasan kerja dengan tim di fakultas sehingga tidak terjadi saling menunggu hasil penghitungan di fakultas dan universitas,”sambungnya.

Dr. Ahmad Taufiq, M.Si. Kepala Pusat Publikasi Akademik saat menyampaikan materi plagiarisme

“Saya berharap melalui workshop ini kesemua pemateri dapat memberikan pencerahan kepada Tim TPJAD UM baik melalui presentasi materi maupun diskusi mencari solusi terbaik dari pemecahan kasus-kasus yang dapat terjadi,”harapnya.

Pewarta: Kautsar S. Humas UM