image_pdf

Malang. Dalam rangka penyiapan dan peningkatan kompetensi serta kualifikasi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Bendahara Pengeluaran, bidang umum dan keuangan melalui Sub Bagian Akuntansi dan Pelaporan (AKP) Universitas Negeri malang (UM) menyelenggarakan Pelatihan Bendahara Pengeluaran dan Pengadaan Barang dan Jasa. Pelatihan yang diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 16 – 19 September 2019 bertempat di Amartahils Hotel and Resort Kota Batu ini diikuti oleh 53 orang peserta yang berasala dari unit kerja dilingkungan UM.

Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK) Drs. H. Amin Sidiq, M.Pd menyampaikan sambutan

Dalam pelatihan ini peserta dibagi menjadi dua kelas, dimana 30 peserta dalam pelatihan pengadaan barang dan jasa dan 23 peserta berada dalam pelatihan bendahara pengeluaran. Adapun beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan bendahara pengeluaran antara lain sistem penerimaan dan pengeluaran negara, pengelolaan uang persediaan, pengujian dan pembayaran tagihan, perpajakan bendahara pengeluaran, pembukuan dan aplikasi serta pertanggungjawaban bendahara, aplikasi bendahara pengeluaran, kapita selekta tugas dan fungsi bendahara pengeluaran. Setelah menerima semua materi peserta akan melakukan ujian komprehensif dan diakhiri ujian sertifikasi bendahara.

Sedangkan dalam pelatihan pengadaan barang dan jasa peserta mendapatkan materi antara lain ketentuan umum, tujuan, kebijakan, prinsip dan etika PBJ, materi pelaku PBJ, PBJ secara elektronik, SDM dan kelembagaan, pengawasan, pengaduan, sanksi dan pelayanan. Selain itu ada pula materi perencanaan pengadaan, persiapan PBJ, pelaksanaan PBJ swakelola dan penyedia, pengadaan khusus, pembahasan latihan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah (Try Out) dan diakhiri dengan ujian sertifikasi keahlian bagi seluruh peserta.

Narasumber menyampaikan materi

Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK) Drs. H. Amin Sidiq, M.Pd menyampaikan seluruh peserta yang hadir dalam pelatihan ini akan mengikuti dua kegiatan yaitu pelatihan barang dan jasa pemerintah dan bendahara pengeluaran sejak tanggal 16 – 19 September 2019. “Mudah mudahan kita diberi kemudahan, kesehatan dan kekuatan untuk dapat mengikuti kegiatan sampai selesai,”ujarnya.

“Kegiatan pelatihan dalam ruangan ini diikuti oleh 30 peserta dan kegiatan pengadaan barang jasa diikuti oleh 23 orang. Semua peserta ini dikirim dari unit-unit kerja dilingkungan UM. Untuk kegiatan pengadaan barang jasa awalnya dirancang untuk 41 orang, namun peraturan saat ini untuk mengikuti pelatihan barang dan jasa harus lulus dari e-learning LKPP dari panitia pengadaan barang dan jasa nasional pada tanggal 5-13 September 2019. Dari 41 orang tersebut yang dapat mengikuti diklat barang dan jasa hanya 23 orang dan telah memiliki nilai diatas 80,”jelasnya.

Suasana pelatihan

“Terdapat dua orang pemateri dalam diklat ini, yang berasal dari Balai Diklat Keuangan Malang hingga pemateri dari Pusat Diklat Nasional di Bogor. Sehingga ini merupakan latihan yang serius bahkan saudara nanti diwajibkan mengikuti 80% materi setiap sesinya,”sambungnya.

Lebih lanjut Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd menjelaskan bahwa sebagaimana telah ditetapkan dalam tema lustrum yaitu menjaga tradisi, bernas inovasi, dan melambungkan prestasi. “Saya kira tema tersebut bukanlah pepesan kosong, namun harus kita isi dan melalui kegiatan bidang dua ini kita akan mencoba bagaimana meningkatkan kompetensi,”katanya.

Narasumber Pelatihan Bendahara Pengeluaran

Persoalan-persoalan pengelolaan keuangan melalui bendahara pengeluaran menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kompetensi dan kualifikasi SDM. Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat memenuhi prinsip-prinsip pengelolaan yang efektif, efisien, yang tranpasaran, kompetitif dan yang paling utama adalah  akuntabel, yang bisa dipertanggungjawabkan. Pertanggungjawaban tersebut tidak hanya tentang hitung-hitungan dalam akuntansi namun juga akuntabilitas moral. Kita seringkali menemui mungkin secara prosedural sudah baik namun apakah juga pantas soal moralnya. Melalui narasumber yang telah kita undang dan percaya untuk melatih dalam diklat ini bisa menyampaikan penjelasannya,”tandasnya.

Pewarta: Kautsar S.

Pewarta foto: Joko Wibowo, Humas UM