image_pdf
Pemateri dari PLN Dinoyo menyampaikan materi tentang kelistrikan

Malang. Lisrik merupakan salah satu kebutuhan terpenting dalam suatu institusi pendidikan. Pentingnya mengetahui dasar dalam pengelolaan listrik khususnya pada lingkup Universitas Negeri Malang (UM), membuat Subbagian Rumah Tangga UM (RT UM) mengadakan bimbingan teknik mengenai pengenalan dasar jaringan listrik bersama dengan PLN Dinoyo. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (23/10) di Gedung Rektorat UM dihadiri oleh kurang lebih 30 peserta yang berasal dari bagian urusan daya dan jasa, bagian umum, satpam, serta bagian gedung dan bangunan RT UM.

“Bimbingan teknik ini diadakan untuk memberi pengetahuan kepada rekan – rekan lain diluar bidang urusan daya dan jasa. Untuk saat ini, pelatihan ini hanya kami fokuskan untuk rekan – rekan  RT UM. Jika dirasa pengenalan ini penting untuk diketahui lebih luas lagi, maka kami akan rencanakan untuk mengundang teknisi yang berada di tingkat fakultas di tahun depan. Harapannya semua yang mengikuti ini, dapat mengetahui empat materi tersebut secara umum. Agar jika ada kondisi darurat terkait jaringan listrik bisa melakukan hal – hal dasar dalam penanganan, sebelum ditindak lanjuti oleh ahli.” Ujar KASUBAG RT UM

Peserta Bimtek nampak antusias mengikuti materi

Bebrapa materi dasar dalam jaringan listrik dikenalkan lebih jauh kepada para peserta. Seperti pengenalan alat, troubleshooting jaringan listrik, pengembangan jaringan listrik, serta pemliharaan jaringan listrik. Materi tersebut disampaikan langsung oleh perwakilan PLN Dinoyo Kota Malang. Kedepannya akan ada perbaikan jaringan listrik yang mulanya dalam posisi layang, kemudian dipindahkan kedalam tanah. Pertimbangan tersebut dipilih karena dari segi estetika yang rapi serta lebih aman dibandingkan jaringan yang digunakan sekarang.

Pewarta : Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM