image_pdf

Malang. Salah satu peranan penting dalam rangka mewujudkan target suatu instansi/organisasi ialah perencanaan matang yang disertai dengan koordinasi apik. Sub Bagian Perencanaan Universitas Negeri Malang (UM) telah menggelar workshop pembahasan Renstra Bisnis UM tahun 2020–2024. Kegiatan ini digelar di Hotel Ijen Suites pada Selasa (16/07). Sejumlah petinggi rektorat yakni seluruh jajaran wakil rektor, dekan, ketua lembaga beserta para staf UM turut menghadiri workshop tersebut. Secara garis besar Renstra Bisnis UM merupakan gambaran mengenai cita-cita UM dan rencana menyeluruh selama empat tahun ke depan di berbagai bidang konsentrasi.

Ketua tim penyusun Renstra Bisnis UM tahun 2020-2024, Dr. Parlan, M.Si menyebutkan bahwa pembahasan dalam workshop adalah hasil pleno renstra UM yang telah disusun. Sehingga dengan adanya workshop diharapkan para pimpinan UM beserta jajarannya dapat memberikan kritik dan saran terhadap hasil pleno tersebut.

Parlan juga menjelaskan dalam pembahasan Renstra Bisnis UM terdapat empat sasaran strategis.

“Sasaran strategis merupakan dekripsi atau jabaran dari visi, misi, dan tujuan, dalam tujuan itu ada sasaran yang ingin kita capai yang kita kelompokkan menjadi empat. Keempat hal itu ialah pendidikan & pengajaran, penelitian, pengabdian dan tata kelola kelembagaan,” jelasnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan beberapa contoh pencapaian yang ingin dicapai seperti pada bidang pendidikan & pengajaran. Pada bidang tersebut diharapkan rata-rata indeks prestasi mahasiswa yang semula ada dikisaran 3.3 dapat meningkat lagi di atas indeks semula.

Sementara itu contoh lainnya ialah di bidang tata kelola kelembagaan, dimana setiap posisi jabatan terdapat deskripsi kompetensi dari jabatan secara jelas. Sehingga, kriteria yang diinginkan dapat disesuaikan.

Pewarta           : Salsabila Esya Kusdianti – Internship Humas UM