image_pdf
Rektor UM dan Jajaran Pimpinan

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kerja sama untuk mendatangkan mahasiswa asing. Hal ini sesuai dengan harapan bahwa UM dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa manapun di berbagai aspek. Di hari Kamis (26/9) bertempat di aula Graha Rektorat lantai 9, Hubungan Internasional (HI) UM mengundang sejumlah mahasiswa asing untuk hadir mengikuti serangkaian kegiatan penyambutannya. Mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara ini secara resmi disambut oleh Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd selaku Rektor UM.

Beberapa tamu undangan juga turut hadir dalam acara penyambutan ini, seperti Wakil Rektor I dan IV UM, direktur HI, direktur Pusat Bahasa Mandarin UM, perwakilan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), dan perwakilan dari beberapa jurusan di UM. Mahasiswa asing yang hadir dalam acara penyambutan ini merupakan mahasiwa dari berbagai jenis beasiswa, yaitu Program Darmasiswa RI, Kemitraan Negara Berkembang (KNB), Transfer Kredit YRU Thailand, 3+1 GXNU RRT, Panda RRT, Indonesian Flagship Language Initiative (IFLI) USA, Erasmus+ ICM Swedia, UM International Student Scholarship (UM ISS), Transfer Kredit JISU RRT, dan Reguler.   

Sambutan mahasiswa Internasional

Di tahun 2019 ini, terdapat 314 mahasiswa asing yang menempuh studinya di UM, baik untuk gelar maupun non-gelar. Keseluruhan jumlah mahasiswa asing ini tersebar dari berbagai negara, seperti Ghana, Tajikistan, Yaman, Thailand, USA, China, Burundi, dan Timor-Leste. Ucapan terima kasih juga diucapkan oleh direktur HI kepada seluruh mahasiswa asing, “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa asing yang telah datang jauh dari negara asal dan sudah memilih kita, Universitas Negeri Malang, sebagai tujuan studi di Indonesia,” ungkap Evi Eliyanah, S.S., M.A. selaku direktur HI.

Rektor UM juga mengungkapkan bahwa UM siap membantu seluruh mahasiswa asing selama proses belajarnya di UM, “Di kampus UM ini, kita ada kantor Hubungan Internasional dan silahkan menghubungi kapanpun, sehingga kita bisa membantu untuk menjadikan pengalaman studi Anda selama di UM menjadi berkesan,” ungkap Prof. Dr. AH. Rofi’uddin.

Penampilan mahasiswa internasional asal GXNU RRT

Sejumlah perwakilan dari mahasiswa asing juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UM atas diterimanya mereka di kampus The Learning University ini. Di acara ini, terdapat Farrukh Rahmonov Jurabekovich mahasiswa program Darmasiswa RI dan Bohirjon Sodiqov mahasiswa program UM-ISS yang mewakili mahasiswa asing untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya, kedua mahasiswa dari Tajikistan ini mengaku senang sesampainya di Indonesia terutama di UM.

“Tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada kampus UM telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar disini dan mengeksplor Indonesia. Selain itu, saya juga berterima kasih karena telah membantu saya disini sehingga saya tidak merasa seperti orang asing. Terima kasih sudah membuat saya merasa seperti di rumah sendiri,” ungkap Farrukh yang akrab dengan nama Joko saat kedatangannya di Indonesia.

Sesi foto bersama seluruh mahasiswa internasional

Hal serupa juga diungkapkan Bohirjon dalam sambutannya, “Saya mewakili seluruh mahasiswa asing mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak di UM dan berjanji akan menjadi mahasiswa aktif dan bersemangat dalam proses belajar,” ucap Bohirjon dalam bahasa Indonesia yang masih terbata-bata.

Serangkaian acara masih berlanjut dengan penampilan dari perwakilan mahasiswa asing yaitu mahasiswa program 3+1 GXNU RRT dan program Transfer Kredit YRU Thailand. Acara penyambutan mahasiswa internasional ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Pewarta           : Andita Eka Wahyuni – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Abdul Fattah – Internship Humas UM