image_pdf

Aprilia Nur Cahyanti baru saja meraih prestasi gemilang dengan menyabet gelar Winner Puteri Literasi Jawa Timur 2024. Sebelumnya, pada bulan April lalu, ia juga dinobatkan sebagai Winner Miss Diversity Jawa Timur 2024. Dua pencapaian besar yang diraihnya dalam waktu singkat ini menjadikan Aprilia sebagai sosok figur muda yang inspiratif.

“Motivasi saya dalam mengikuti kedua perlombaan tersebut tentunya untuk meningkatkan kompetensi, relasi, insight dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar,” ucap April. 

Meski merasa sempat ragu karena harus bersaing dengan ratusan peserta yang lebih berpengalaman, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran itu tetap optimis mengikuti kompetisi tersebut dengan keyakinan dan doanya yang kuat. Alhasil, nama dia keluar sebagai juara ketika diumumkan pada puncak acara yang digelar di Grand City Mall Surabaya pada Sabtu (22/06). “Bagi saya, motivator terbaik adalah diri sendiri, dan saya mampu menjadi seorang motivator hebat bagi diri saya sendiri,” imbuhnya.

Menurut Aprilia kesuksesan yang ia rasakan ini tidak diraih dengan mudah. Aprilia harus mampu mengatur waktu dan memahami skala prioritas disela-sela kesibukannya mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). 

“Manajemen waktu yang baik menjadi kunci. Di sela-sela kegiatan magang dan jam istirahat, saya selalu menyempatkan untuk belajar sebagai bekal saya mengikuti rangkaian tahap seleksi, menyusun program kerja, strategi speech, debat, simulasi babak Questions and Answers (QnA) dan mengeksekusi penugasan pada akhir pekan,” ungkap Aprilia. 

Kegigihan Aprilia untuk meraih prestasi tersebut bertumpu pada prinsip yang dipegangnya yaitu “Jika saya belum merasa lelah, maka usaha saya belum maksimal”.

Selain itu, dukungan penuh dari Universitas Negeri Malang (UM) juga menjadi penyemangat Aprilia dalam meraih prestasi gemilang tersebut. “Alhamdulillah, saya sangat senang dapat meraih kemenangan sebanyak dua kali berturut-turut dengan ajang perlombaan yang berbeda,” ujar Aprilia 

Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya karena berhasil membawa nama UM di tingkat Jawa Timur yang selanjutnya akan maju ke nasional sebagai perwakilan Jawa Timur menuju Puteri Literasi Indonesia 2024,” tambahnya dengan penuh rasa syukur.

Aprilia juga merasa bahwa keberhasilan dalam menyabet kemenangan di dua ajang bergengsi itu tidak terlepas dari program kerja yang dibuatnya, yakni Bully Free Zone dan Kumpul Budaya. Program kerja ini Aprilia rancang khusus untuk sebuah Sekolah Dasar (SD). 

“Saya sangat senang dapat memberikan manfaat bagi sekolah dasar (SD) yang dulunya menjadi sekolah saya. Senyum ikhlas dari para guru SD setelah melihat keberhasilan saya mendapatkan amanah dua winner secara beruntun sekaligus membuat saya amat bersyukur,” ujar Aprilia. 

“Menjadi seorang winner ini memang membanggakan, tetapi kontribusi yang dapat saya berikan kepada orang sekitar membuat saya lebih bangga karena menandakan bahwa diri ini mampu memberikan manfaat bagi orang lain,” pungkasnya.

Setelah mampu meraih gelar Winner Puteri Literasi Jawa Timur 2024, Aprilia Nur Cahyanti kini bersiap mengikuti kompetisi berskala nasional Puteri Literasi Indonesia 2024. Kegigihan, kerja keras, dan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar menjadi inspirasi bagi banyak orang, khususnya mahasiswa UM serta generasi muda pada umumnya yang ingin mengikuti jejaknya.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM