image_pdf

Malang. Regenerasi paguyuban duta kampus Universitas Negeri Malang (UM) secara rutin dilakukan setiap tahun. Di tahun 2019, Pemilihan Duta Kampus memulai tahapan seleksi pertama pada Sabtu (21/9). Bertempat di aula gedung H3 UM, sejumlah 210 peserta bersiap mengikuti serangkaian seleksi di tahap pertama yaitu tes tulis dan wawancara. Dimulai pada pukul 08.00 WIB, peserta hadir dengan tampilan rapi dan menarik.

Di tahap pertama ini, setiap peserta akan dinilai berdasarkan wawasannya seputar kampus UM dan kepribadian dari peserta itu sendiri. Melalui tes tulis peserta diharapkan mampu memenuhi kriteria seorang duta kampus yang membawa nama baik almamater dalam berkomunikasi dengan pihak eksternal dan melalui tes wawancara peserta akan diuji berdasarkan kepribadian, kemampuan public speaking, dan kemampuan dalam berorganisasi. Sebagai sebuah figur representasi mahasiswa UM, seorang duta kampus diharapkan mampu memberikan cerminan sikap yang baik. Oleh karena itu, melalui tahap pertama ini peserta akan diseleksi berdasarkan kemampuan dasar dalam memposisikan diri untuk berinteraksi dengan pihak eksternal.

“Sebenarnya kriteria paling penting di pemilihan duta kampus ini tentang attitude karena sebagaimana tugas duta kampus itu sendiri yang merupakan representatif mahasiswa UM dimana ke depannya akan bertemu pejabat maupun pihak eksternal UM,” ungkap Gebby Alicasany selaku koordinator acara.

Secara keseluruhan terdapat 3 tahapan seleksi di pemilihan duta kampus UM. Melalui tahapan pertama ini akan tersisa 60 peserta dengan 30 peserta laki-laki dan 30 peserta perempuan. Sejumlah peserta yang lolos tahap pertama akan melakukan sesi open presentation di tahap kedua (22/9) dimana peserta akan memberikan gagasan inovasinya yang berkaitan dengan kampus UM. Melalui tahapan ini, terdapat 40 peserta (20 peserta laki-laki dan 20 peserta perempuan) yang akan lolos ke tahap berikutnya. Di tahapan ketiga, peserta akan melakukan unjuk bakat (talent show) di hadapan dewan juri dan penonton. Tahapan seleksi ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 September mendatang dan untuk malam penganugerahan akan dilaksanakan pada 16 Oktober 2019 di Graha Cakrawala UM. Setiap tahapan merupakan sebuah tantangan yang tidak lain untuk membentuk figure duta kampus yang secara ideal merepresentasikan mahasiswa UM.

“Ada 5 hal utama yang harus diperhatikan yaitu Brain, Beauty, Behaviour, Believe, and Brave,” ucap Gebby Alicasany menutup wawancara.

Pewarta           : Andita Eka Wahyuni – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Firda Farhani – Internship Humas UM