image_pdf

Malang. Dalam rangka menumbuhkan karakter dengan konsep sekolah menyenangkan, Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) mengadakan workshop dan seminar pada Jumat dan Sabtu (13-14/4). Kegiatan ini berlangsung di aula gedung C1 dengan pembicara Novi Poespita Candra, M. Si, Psi, Ph. D cand. Dua kegiatan tersebut diadakan terpisah pada waktu yang berbeda dan dengan tema yang berbeda pula.

Tema “Penumbuhan karakter dengan konsep sekolah menyenangkan” diangkat karena Era Revolusi Industri 4.0 memberikan peluang dan tantangan yang berbeda dengan masa sebelumnya. Era ini ditandai dengan penggunaan teknologi internet secara masif dalam semua dimensi kehidupan, termasuk dunia pendidikan.

Workshop dan seminar yang diselenggarakan memaparkan betapa pentingnya pendidikan karakter pada sistem pendidikan peserta didik. Bahkan ketika memasuki era revolusi industri 4.0, hal yang perlu dipahami buka merobotkan manusia. Justru yang diharapkan teknologi untuk menyejahterahkan manusia. Posisi teknologi hanya instrumen bagi manusia. Dengan demikian, kurikulum berbasis revolusi industri 4.0 bertujuan untuk menyiapkan generasi yang akan menyejahterakan kehidupan berbasis teknologi.

Novi Poespita Candra, M. Si, Psi, Ph. D cand, selaku pemateri memaparkan pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0

“ Pada Era sekarang, bukan hanya pengetahuan teknologi yang harus dibekali, tetapi juga pengetahuan tentang manusia itu sendiri. Ilmu teknologi tidak perlu diajarkan, namun hal yang terpenting adalah bagaimana menanamkan kepada manusia unntuk menjadi manusia berkarakter agar bijak menggunakan teknologi baik masa kini hingga masa depan”.

Pada sesi seminar terdapat lebih dari 30 presenter yang mempresentasikan papernya masing-masing. Baik partisipan maupun presenter mengikuti dengan seksama mulai dari penyajian materi hingga seminar paralel.

Pewarta : Fierda Nursitasari Amaliya – Internship Humas UM