image_pdf
Perbincangan antara Rektor UM dan Pemprov NTB

Malang. Kerjasama antara Universitas Negeri Malang (UM) dan Pemprov NTB terjalin secara resmi melalui penandatanganan MoU. Penandatangan yang berlangsung di Aula Lt. 9 Graha Rektorat pada Senin (10/2) itu lakukan oleh Wagub NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua LP2M Prof. Markus Diantoro, M.Si, para wakil rektor serta Dekan dari fakultas-fakultas yang ada di UM.

Kerjasama antara UM dan Pemprov NTB dilakukan dalam bentuk penelitian dan pembangunan. Sebetulnya kerjasama anatar kedua belah pihak telah terjalin sejak 2 tahun lalu. UM sudah mengirimkan beberapa mahasiswanya untuk melakukan KKN di Provinsi NTB. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini UM dan Pemprov NTB bisa menjalin hubungan yang lebih baik dari sebelumnya.

Proses penandatanganan MoU

Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin menyampaikan bahwasanya penandatanganan MoU ini harus benar-benar dijalankan. Jangan sampai di kemudian hari tidak ada kelanjutan dari kerjasama ini. Beliau juga menambahkan. “Perguruan tinggi memang seharusnya berbuat lebih banyak lagi pada masyarakat, pemerintah, dunia industri dan dunia usaha. Dosen yang melakukan penelitian sekarang juga diwajibkan untuk melakukan pengabdian. Saya kira nantinya penelitian-penelitian yang dilakukan ada yang cocok di implementasikan di wilayah NTB.” ujarnya.

Wagub NTB serta Rektor UM menunjukan MoU yang sudah di tandatangani

Wagub NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah juga berharap akan ada follow up lebih lanjut terkait dengan adanya kerjasama ini. Menurut beliau penandatanganan MoU ini dapat membawa dampak lebih baik dalam hal pembangunan. “Alhamdulillah NTB menjadi Provinsi dengan recovery tercepat di Indonesia. Selain itu kita juga menjadi provinsi kedua tercepat dalam hal penurunan angka kemiskinan meski saat itu kita sedang dalam musibah.” ujarnya.

Foto bersama setelah penandatanganan MoU

Setelah penandatangan MoU kerjasama antara UM dan Pemprov NTB, kegiatan  dilanjutkan dengan kuliah tamu. Dengan materi ‘Pemulihan Setelah Terjadinya Bencana’  yang diisi langsung oleh Wagub NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalalah. Kuliah tamu tersebut dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari UM.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair dan Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM