image_pdf

Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan acara Festival Pajak (FESPA) pada Selasa-Rabu (12-13/07/2022). Kegiatan ini mengkolaborasikan sektor perpajakan dan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam sebuah tema, yakni “Optimalisasi Peran Perpajakan dalam Akselerasi Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)”. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid melalui zoom meeting dan Gedung Kuliah Bersama (GKB) lantai 9 Universitas Negeri Malang (UM) untuk memberikan fleksibilitas bagi peserta yang tidak dapat melakukan presentasi secara offline. Pelaksanaan acara secara offline pun dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan sesuai peraturan dari pemerintah.

Ada dua macam rangkaian acara dalam pelaksanaan FESPA, diantaranya yaitu lomba Call For Paper (CFP) dan seminar nasional perpajakan. Hari pertama pelaksanaan FESPA merupakan presentasi finalis CFP sejumlah 10 tim. Sebelum mencapai tahap final, 10 tim tersebut telah melewati beberapa tahap seleksi. Selain mahasiswa UM, partisipan dalam lomba ini berasal dari berbagai universitas, diantaranya yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Kadiri, (UNISKA), BCM College, Universitas Sumatera Utara (USU). Terdapat tiga juri dalam kegiatan ini, diantaranya yaitu Aulia Azzardina, S.E, MSc., Kholilah, S.E, MSA., Ak., serta Bunga Hidayati, SE, M.E. Ph.D. 

Hari kedua pelaksanaan FESPA diisi oleh kegiatan Seminar Nasional yang mengundang empat pembicara. Pembicara yang dipilih berasal dari instansi pemerintah, akademisi, hingga praktisi. Pembicara pertama yaitu Siti Rahayu, S.E, M.Si., yang merupakan Penyuluh Pajak Ahli Madya dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III (Kanwil DJP Jatim III) dengan materi “Pengoptimalan Penerimaan Negara Melalui UU HPP”. Pembicara kedua yakni I Gede Arianta, SH., SE., MAK., BKP., CA., ASEAN CPA., Ak. dengan materi “Pemberlakuan Insentif Pajak dan Tax Expenditure dalam Pemulihan Ekonomi Nasional”. 

Selanjutnya pembicara ketiga dalam kegiatan ini yakni Prof. Dr. Etty Soesilowati, M.Si., dengan materi “Pemberlakuan Penerapan Green Tax Dalam Mendukung Sustainability Development di Indonesia”. Terakhir, pembicara keempat adalah Bapak Muhammad Nalar Al Khair dengan materi “Skema Global Minimum Tax Pada Presidensi G20 dan Implikasinya Bagi Perekonomian Indonesia”.

Peserta begitu antusias dalam kegiatan ini, terlebih materi yang dibahas sangat relevan dengan kondisi terkini ekonomi dan perpajakan. Hal tersebut terbukti dari sesi tanya jawab yang dilakukan dengan begitu menarik dan interaktif. Penutupan acara FESPA dilakukan dengan pengumuman juara CFP yang diraih oleh Tim Win Streak sebagai Juara 1, Tim Bravewijaya sebagai juara II, Tim Cloverness sebagai Juara III, Tim Uniska sebagai Juara Harapan I, dan Tim Ozon sebagai Juara Harapan 2. 

Kegiatan FESPA berjalan dengan sukses dan mendapatkan feedback positif dari pemateri maupun peserta kegiatan. Acara ini dinilai mampu meningkatkan kesadaran pajak sekaligus membahas isu-isu terkini dalam bidang tersebut, utamanya mngenai SDGs. “Festival Pajak 2022 keren! Tax Center FEB UM  memang keren, Tax Lover Community (TLC) juga keren. Temanya sangat menarik, yakni ‘Optimalisasi Peran Perpajakan dalam Rangka Akselerasi Pencapaian SDG’. Kegiatan ini memberikan pencerahan juga kepada kita semua bahwa peran pajak sangat penting bagi sebuah negara. Terlebih SDG juga merupakan pembiayaan yang cukup besar,” ujar Siti Rahayu, S.E, M.Si.

Internship Humas – Rani Destia Wahyuningsih