image_pdf

Malang- Salah satu mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) tahun 2019, Mochammad Firman Maulidiansyah memberikan warna berbeda tahun ini. Mahasiswa baru UM ini mengapresiasikan keberhasilannya lolos seleksi UM melalui jalur SNMPTN dengan bersepeda dari kampung halamannya, yakni Banten menuju kampus tercinta Universitas Negeri Malang, yang berjarak kurang lebih 1300 km. Perjalanan Firman yang memakan waktu 10 hari ini dimulai pada tanggal 6 juli–16 juli 2019 merupakan bentuk rasa syukur dia atas keberhasilannya dan juga untuk menepati nadzarnya kepada Tuhan.

Pada awalnya niat mahasiswa yang  gemar bersepeda sejak duduk di bangku Sekolah Dasar ini mendapat penentangan dari kedua orang tuanya, kedua orang tua Firman mengaku khawatir kepada anaknya karena hal ini merupakan pengalaman pertama bagi anaknya, selama ini putranya itu bersepeda selalu bersama komunitasnya, tidak pernah melakukan perjalanan melebihi 200 km seorang diri. Namun, pada akhirnya kedua orang tua Firman mengijinkannya karena pengertian dari sang anak.

Mochammad Firman Maulidiansyah, maba UM program studi Teknik Informatika ini menegaskan “Alasan utama saya karena nadzar, sebelumnya saya nadzar jika saya diterima di jalur SNMPTN, saya bakal bersepeda dari Anyer Banten ke Malang, karena di tahun kemarin saya sudah pernah touring Anyer-Panarukan (1000 km)”, terangnya.

Firman juga menceritakan pengalaman-pengalamannya selama perjalanan Banten-Malang, mulai dari rute yang terbilang gila, respon psitif dari teman-teman komunitas di setiap daerah, hingga insiden kecelakaan yang dialaminya yang membuat dirinya sempat cedera. Namun Firman tetap berpikiran positif, ia mengatakan “Saya ambil postifnya saja, mungkin ini cobaan untuk saya yang sedang menjalankan nadzar, akhirnya saya lanjutkan dengan lebih bersemangat”.

Dari pengalaman tersebut Firman mengaku banyak mendapat pelajaran hidup. Bahwasanya berperilaku baik kepada orang lain, maka kebaikan itu akan kembali pada diri kita sendiri serta Firman berharap budaya bersepeda kembali mengharum di kalangan muda.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa – Internship Humas UM