image_pdf
Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed. , M.Si. sekalu Wakil Rektor I
memberikan sambutan pembuka

Malang. Sebanyak 1.183 mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) untuk pertama kalinya melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) bersama-sama di Graha Cakrawala (Graca). UAS dengan jumlah peserta terbanyak ini berlangsung selama dua hari Senin-Selasa (9-10/12) dengan empat mata kuliah yang diujikan diantaranya Pengantar Akuntansi, Pengantar Bisnis, Pengantar Ekonomi Mikro dan Pengantar Manajemen. Peserta UAS  yakni angkatan 2019 yang menempuh mata kuliah umum khususnya sebagai dasar evaluasi untuk mata kuliah lainnya.

Kegiatan UAS bersama ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan mutu lulusan FE UM yang sekaligus sebagai salah satu cara Quality Control kegiatan belajar mengajar di FE. Dosen dituntut memberikan materi yang sama untuk matakuliah yang sama agar hasil belajar menjadi lebih terukur. Mahasiswa peserta UAS masuk diiringi oleh drumband UM dengan beberapa lagu kebangsaan.

Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak.,CA. Dekan FE
memukul Gong sebagai tanda dimulainya UAS Bersama

Usai semua mahasiswa duduk di kursi masing-masing sesuai presensi, dilanjutkan dengan sambutan Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed. , M.Si. sekalu Wakil Rektor I.  “Untuk pertama kali UM melaksanakan UAS bersama dengan jumlah peserta terbanyak. Kami percaya mahasiswa FE yang disini sudah menyiapkan untuk ujian hari ini. Harapannya mahasiswa semakin kompak antar prodi dan jurusan. Meskipun jadwal UAS bersama ini dilakukan diluar kalender akademik tidak akan mempengaruhi penilaian Dosen pembimbing. Jadwal upload nilai juga tidak ada yang tertinggal atau terlambat. Kami yakin mahasiswa semua bisa.” jelasnya  didepan mahasiswa.

Peserta bersiap mengikuti UAS

Lanjutnya Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak.,CA. Dekan FE memberikan motivasi dan sekaligus membuka secara resmi  pelaksanaan UAS bersama yang ditandai dengan pemukulan gong.

UAS Bersama ini diharapkan mampu mendukung upaya pembentukan lulusan yang berkualitas, berkarakter, dan berprestasi karena pelaksanaannya sudah digodog secara matang dan didukung oleh  UPM FE yang telah membuat beberapa Standar Operational Procedure (SOP), mulai SOP Pembuatan Soal, Pelaksanaan UAS, Kepengawasan, hingga Penilaian dan Kualitas Mutu Soal dengan harapan terjaganya standar kompetensi lulusan, isi pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Ribuan peserta nampak serius mengerjakan UAS

“Tujuan UAS ini untuk mengetahui tingkat kualitas mahasiswa, maka akan kelihatan mahasiswa yang sudah menguasai atau belum materi yang diberikan setiap Dosen. Hasil dari UAS ini akan di evaluasi dan dilakukan tindak lanjut dengan cara seluruh mahasiswa dan dosen mengikuti standar pengajaran dan penilaian yang sama untuk setiap mata kuliah dalam rangka mencapai beberapa standar kompetensi.” jelas Dekan FE bersama Wakil Dekan I FE.

Pewarta : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto: Tim Humas UM