image_pdf

Malang. Jurusan Sastra Indonesia (JSI) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kuliah tamu yang bertema The Future Of News In Indonesia pada Senin (04/03). Pembicara yang dihadirkan dalam kuliah tamu JSI UM adalah dosen Australia National University (ANU) yaitu Dr. Ross Tapsell. Ph.D. Kuliah tamu yang diadakan di Aula Perpustakaan UM ini dihadiri oleh Dr. Moch. Syahri, S.Sos, M.Si. selaku Wakil Dekan II Fakultas Sastra (FS), Dr. Roekhan, M.Pd. selaku Ketua Jurusan Sastra Indonesia beserta mahasiswa S1, S2, dan S3 dari Jurusan Sastra Indonesia.

Dalam kesempatan ini, beliau menjelaskan mengenai perkembangan media dan pengaruh media di Indonesia. Sejalan dengan tema diatas, pertanyaan sekaligus pembahasan yang diulas oleh Dr. Ross Tapsell. Ph.D. adalah If the Medium is Digital, what is the Message. Menurutnya, ada tiga jawaban yang dapat menjawab pertanyaan tersebut diantaranya: media besar menjadi lebih besar di era digital, media digital lebih penting bagi generasi pemuda, dan media mengarah pada sektarianisme. Pro dan kontra pun bermunculan pada saat sesi pertanyaan dibuka. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme para audiens yang serentak mengancungkan tangan untuk mengutarakan pendapat maupun pertanyaan.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, Yulaika Ranu Sastra menilai bahwa kuliah tamu ini sangat perlu untuk dilakukan secara rutin.

“Kuliah tamu ini sangat penting untuk dilakukan secara continue dengan topik sekaligus narasumber yang berbeda. Dari segi tema maupun topik tersebut juga harus disesuaikan perkembangan jaman atau isu-isu yang sedang hangat.” ujarnya.

Pewarta           : Salsabila Esya Kusdianti – Internship Humas UM

Fotografer       : Firda Farhani – Internship Humas UM