image_pdf

Malang. Pekan Paralimpik Nasional (Papernas) merupakan pekan olahraga yang diikuti oleh para atlet berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas. Peparnas XVI telah diselenggarakan pada tanggal 02 – 15 November 2021 di Bumi Cendrawasih Papua, tepatnya di Kota dan Kabupaten Jayapura. Tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil memetik prestasi pada pekan olahraga tersebut serta mengharumkan nama kampus dan daerahnya.

Ketiga mahasiswa UM yang berhasil menyumbang medali di Peparnas XVI Papua berasal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Dari 5 medali yang diraih, terdiri dari 4 medali emas dan 1 medali perak. Berikut adalah nama mahasiswa UM yang telah menyumbangkan medali di Peparnas XVI Papua 2021: 

  1. M. Dandi Sukmana dari prodi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga 2018 meraih medali emas pada cabor renang nomor 50 meter gaya punggung, 100 meter gaya punggung, dan 50 meter gaya bebas.
  2. M. Yudhistira dari prodi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga 2021 meraih medali emas pada cabor tenis meja.
  3. Ilyas Rachmad Ryandhani dari prodi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga 2020 meraih medali perak pada cabor bulu tangkis.

Kabar membanggakan ini tidak lain adalah hasil kerja keras para atlet yang mempersiapkan perlombaan dengan baik serta dukungan penuh dari UM. “Sebelum mengikuti Peparnas, ada pelatihan atau training center (TC) yang dilaksanakan sejak bulan Juli di Surabaya. Alhamdulillah, UM sangat mendukung dalam kegiatan ini. Respon kampus sangat cepat ketika kami mengajukan dispensasi mengenai TC ataupun perlombaan.” ujar Ilyas pada Selasa (16/11). 

Membawa nama baik UM dan Jawa Timur, Ilyas menuturkan bahwasannya ia dan teman-temannya sangat bersyukur atas capaian yang telah mereka raih di Peparnas XIV Papua 2021. Selain itu, Ilyas juga memberikan pesan kepada para generasi muda khususnya mahasiswa UM untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. “Isilah waktumu dengan kegiatan yang positif karena masa muda adalah waktu yang singkat. Selalu tumbuhkan semangat juang dalam diri kita dan terus belajar sehingga nantinya dapat meraih mimpi sekaligus prestasi.” pungkasnya.

Pewarta : Risa Ramadania – Internship Humas UM