image_pdf
Situasi pelaksanaan sosialisasi Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2021

Malang. Tim Hubungan Internasional (HI) Universitas Negeri Malang (UM) yang berada dibawah naungan Wakil Rektor IV UM mengadakan rapat secara tertutup di Ruang Sidang Rektor, Graha Rektorat Lt 8, pada Rabu (24/03) dengan mengundang perwakilan HI dari setiap fakultas guna mensosialisasikan program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2021, salah satu program Kemendikbud yang akan diluncurkan pada bulan April 2021 mendatang.

IISMA merupakan inovasi baru dari program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka yang diadakan oleh Kemendikbud dan bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Sebenarnya,program ini hampir sama dengan program student exchange  seperti biasanya, bedanya kali ini kesempatan untuk mendapatkan pengalaman berkuliah di luar negeri semakin banyak dan terbuka, yakni dengan menargetkan 1000 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk berpartisipasi dengan dibiayai penuh oleh pemerintah dan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa S1 semester 4-7. Selain itu, kampus yang menjadi partner dalam program ini hanya kampus yang berada diurutan 1-300 terbaik menurut pemeringkatan QS Word University.

“Kami dari Tim HI berharap dari setiap fakultas bisa mendelegasikan mahasiswa nya untuk mengikuti program ini dan kami akan siap membantu dan mendampingi selama proses pendaftaran hingga pemberangkatan,” ucap pak Nabhan Fuad Choiron, S.S, M.A., salah satu Tim Pengembang HI UM. Karena memang persyaratan administrasi program seperti ini akan sedikit berat.

Ibu Leli Tri Wijayanti, S.S., salah satu staff HI juga menambahi penjelasan mengenai program ini, yakni mahasiswa wajib memiliki nilai TOEFL 550 atau IELTS 6.0 karena seluruh kegiatan akademik akan menggunakan bahasa Inggris selain itu mahasiswa juga diperbolehkan mengambil mata kuliah transdisipliner ketika mengukuti program ini dengan catatan tetap memiliki afiliasi dengan jurusan asalnya.”Jika program ini berhasil mencapai targetnya, maka tahun  depan Kemendikbud akan menambah kuota program ini, yakni diperuntukkan bagi 10.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Sosialisasi ini ditutup dengan beberapa pertanyaan dari audiens dan akan akan diadakan follow up kemajuan mengenai pendelegasian mahasiswa dari setiap fakultas yang siap, mampu dan mau untuk mengikuti program IISMA.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Arab UM)