image_pdf
Tim Bola Voli putri UM berfoto bersama

Malang. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil memperoleh prestasi pada laga National Virtual Sport Competition 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia Jawa Timur (BAPOMI JATIM). Juara II Bola Voli Putra & Putri, Juara III Karate Putra & Putri, dan Juara IV Catur Putra berhasil diraih UM selama berlaga pada 2– 10 Januari 2021.

Berbagai kegiatan olahraga sangat diminati oleh masyarakat luas, namun pada tahun 2020 semua kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan massa batal dilaksanakan akibat Covid-19. Menghadapi hal tersebut, BAPOMI JATIM telah menyelenggarakan kompetisi olahraga bagi kalangan mahasiswa dengan memupuk semangat untuk memperhatikan dan meningkatkan kebugaran jasmani di era pandemi Covid-19. “National Virtual Sports Competition 2020” dengan pelaksanaan daring berhasil digagas BAPOMI sebagai bentuk perhatian terhadap peningkatan sistem jasmani.

Tim bola Voli Putra UM berfoto bersama

Bagas Teddy Prasetyo selaku Manajer Tim Bola voli UM menjelaskan bahwa terdapat dua tahap seleksi cabang olahraga bola voli yaitu pengiriman video variasi serangan, kemudian melaksanakan final secara live melalui zoom untuk mempresentasikan kembali variasi serangan setiap tim. “Pada kompetisi cabang bola voli, UM mengirimkan empat delegasi tim dengan dua tim putra dan dua tim putri,” jelasnya pada Jum’at (15/01/21). Bagas juga menjelaskan bahwa pihaknya telah latihan dengan maksimal sejak Rabu (8/12/20). Delegasi UM dalam mempersiapkan BAPOMI JATIM 2020 diizinkan menggunakan area Gedung  GKB FIP UM dengan tetap memathu protokol kesehatan. “Kami tetap latihan sesuai protokol kesehatan dan melakukan latihan dengan cara bergantian,” imbuh Bagas. “Karena dalam kegiatan ini yang dilombakan adalah variasi serangan maka kami fokuskan untuk melatih variasi serangan yang dilatih oleh Bapak Nurrul Riyad Fadhli di Gedung GKB FIP UM”, tambahnya.

Timnya sangat senang atas pencapaian prestasi di BAPOMI JATIM 2020. Pasalnya event ini menjadi pengalaman pertama dalam mengikuti lomba secara virtual sekaligus bisa mendapatkan juara. “Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pelatih kami yaitu Bapak Nurrul Riyad Fadhli dan Bapak Dona Sandy serta Pembina kami yaitu Ibu Ifa Nursanti karena telah memberikan dukungan dan semangat kepada kami,” ucap Bagas.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM