image_pdf
Tim Zilotus Imunostimulus Raih Gold Medal AISEEF 2021

Malang. Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengharumkan nama kampus dengan meraih emas di ajang Asean Innovation Science Environmental and Entrepeneur Fair (AISEEF) 2021 kategori Entrepeneur pada 18-22 Februari 2021. Kelima mahasiswa tersebut tergabung dalam satu tim yang bernama Zilotus Imunostimulus.

Tim ini beranggotakan Muhammad Iqbal Najib Fahmi (FMIPA angkatan 2019), Siti Nurhalizah (FMIPA angkatan 2019), Mutamimaturrosyidah (FMIPA angkatan 2019), Zahra Firdaus (FMIPA angkatan 2018), dan Bobby Aland Pratama (FS angkatan 2018). Menurut ketua tim Zilotus; Muhammad Iqbal Najib Fahmi mengakatan bahwa nama tim mereka sebenarnya berasal dari nama brand minuman herbal yang mereka produksi.

Zilotus sangatlah luar biasa dan mampu bersaing dengan karya-karya usaha entrepeneur tim lainnya. Zilotus Imunostimulus sendiri merupakan infused water yang berbahan dasar plasma nutfah yang berfungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh. Tim Zilotus mengawali wirausaha ini dengan latar belakang virus yang akhir-akhir ini menggemparkan seluruh dunia. Mereka berharap bahwasannya produk yang mereka ciptakan ini dapat mencegah masuknya virus tersebut ke dalam tubuh manusia.

Event ini dilaksanakan secara online karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka. Dari 505 tim yang berlomba, tim Zilotus mampu menyabet medali emas kategori entrepeneur dengan penuh haru. Bagaimana tidak, tim yang di bimbing Bapak Agung Witjoro, S.Pd., M.kes selaku Dosen Biologi FMIPA UM ini sama sekali tidak menyangka akan berada pada posisi yang sangat membanggakan itu. Mereka telah mengalami masa-masa jatuh bangun bahkan rugi ketika merintis usahanya tersebut.

Di tanya mengenai motivasi untuk tetap maju, Fahmi berkata “Kami kembali ke tujuan awal. Usaha kami terbentuk sebagai pengabdian saintis muda untuk menciptakan produk pangan unggulan dan fungsional dengan pemanfaatan keanekaragaman hayati. Dengan modal bahan-bahan alami dan kaya manfaat, bukan tidak mungkin minuman tersebut membuat daya tahan tubuh manusia lebih kuat.”

Fahmi menuturkan bahwa banyak sekali kesan dan pesan yang sangat luar biasa bagi dia dan timnya. “Kami bertemu dengan tim-tim hebat dari seluruh dunia dan jadi memiliki pengalaman baru untuk gambaran kehidupan pasca kuliah” ujar Fahmi. Dia pun berharap agar nantinya banyak yang mengikuti ajang entrepreneur untuk menumbuhkan jiwa-jiwa wairausaha yang berkompeten.

Pewarta : Risa Ramadania – Internship Humas UM