image_pdf

Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Heri Suwignyo, M. Pd saat menyampaikan sambutan

Malang. Untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan nasakah akademik di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM), Sub Bagian Tata Usaha (TU) Biro Umum dan Keuangan (BUK) menyelenggarakan Workshop Penulisan Nasakah Dinas bagi Tenaga Kependidikan UM, Senin, 14 September 2020 di Hotel Ijen Suites Malang.

Kegiatan Workshop Penulisan Nasakah Dinas bagi Tenaga Kependidikan UM ini diikuti sekitar sembilan puluh peserta. Untuk tetap menjaga protokol kesehatan, maka kegiatan diselenggarakan selama dua gelombang. Gelombang pertama diselenggarakan hari ini (14 September 2020), kemudian gelombang II akan diselenggarakan  hari sabtu 19 September 2020.

Suasana Pembukaan Acara

Mewakili Rektor UM, Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya workshop adalah untuk meningkatkan kemampuan kompetensi tendik dalam mengelola naskah dinas. Workshop ini merupakan lanjutan dari kegiatan workshop sebelumnya tentang penyusunan notula yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

“Harapan dari kegiatan hari ini adalah meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan kita dalam mengelola naskah dinas, khususnya dalam pembuatan surat dinas. Dari yang sudah berjalan selama ini, kami masih memandang perlu adanya peningkatan keilmuan terutama dalam hal penyusunan bahasa”, jelas WR II UM

Para Peserta Workshop Antusias Mengikuti Rangkaian Kegiatan

Lebih lanjut, Guru besar Jurusan Sastra Indonesia UM ini menuturkan bahwa keberadaan surat dinas menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan organisasi. Akan menjadi hal yang kurang baik apabila masih ditemukan isi surat yang belum sesuai dengan pedoman tata naskah dinas, misalnya masih adanya kesalahan ejaan, tanda baca, pelihan dan pembentukan kata, serta penyusunan kalimat.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dosen Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra UM, Novi Eka Susilowati, S.Pd., M.Pd. Dosen yang sekaligus merupakan Tim Pengembang Penalaran, dan Tim Penyusun Buku Prospektus UM ini menyamaikan materi Bahasa dalam Tata Naskah Dinas.

Mengawali penyampaian materi, Dosen kelahiran Pasuruan, 3 Agustus 1987 ini memberikan permainan yang dapat diakses dari masing-masing smartphone peserta. Ada 16 kuis yang disajikan untuk dijawab secara cepat oleh peserta, kemudian secara langsung hasil dari kuis dapat disajikan. Cara ini ternyata mampu memompa semangat para peserta. “di lingkungan UM sudah beruntung dengan adanya e-office, sehingga terkait dengan kaidah sudah minim kesalahannya. Tinggal pengembangan kita untuk mengolah secara tata bahasa”, jelasnya.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama                        –Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Ulya Azizah                                      — Internship Humas UM