image_pdf
Kajur Sastra Inggris Dr. Suharyadi, M.Pd. Memaparkan laporan PDEC

Malang. Usai sudah tiga bulan mahasiswa mengikuti program Pre-Departure English Course (PDEC) Batch V di tahun 2019 oleh Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang (UM) dan DIKTI. Berakhirnya PDEC tahun ini secara resmi ditutup pada Rabu, (27/11) dan berlangsung di Aula Lt. 9 Graha Rektorat UM. Kegiatan ini turut dihadiri oleh seluruh peserta PDEC Batch V, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, Wakil Dekan III Fakultas Sastra UM Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I., dan Ketua Jurusan Sastra Inggris Dr. Suharyadi, M.Pd.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pemutaran video persembahan dari mahasiswa program PDEC yang berisi kegiatan mereka selama tiga bulan di Malang, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pertunjukan dari mahasiswa. Dalam sambutannya, Retor UM menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh mahasiswa PDEC dan berharap apa yang sudah diperoleh mahasiswa di UM dapat menjadi bekal dalam mengikuti studi lanjut khusunya di luar negeri.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd

“Program PDEC ini sangat positif dan sudah berlangsung cukup lama tetapi dulu namanya bukan PDEC. Program ini selalu diminati banyak mahasiswa yang ingin menguasai bahasa inggris dan memperbaiki kualitas bahasa inggrisnya. Semoga dengan adanya program ini memudahkan mahasiswa sekalian untuk menempuh studi lanjut ke luar negeri atau mendapat beasiswa. Bahasa inggris jangan berhenti disini tapi harus dipakai untuk sehari-hari.” tuturnya.

Ketua Jurusan Sastra Inggris, Dr. Suharyadi, M.Pd memberikan laporan mengenai program PDEC.

“Kerjasama PDEC dengan Dikti tahun 2019 ini merupakan Bacth V dengan jumlah peserta sebanyak 50 mahasiswa yang tersebar di Jawa, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan termasuk dari NTB. Sebaran perguruan tinggi mahasiswa merata yaitu negeri dan swasta. Fokus pelatihan ini durasinya selama tiga bulan yang dimulai dari 26 juli dan diakhiri 26 November dengan jumlah Dosen pengajar sebanyak 37 orang. Pelatihan atau pembelajaran seminggu berlangsung selama 5 hari kerja mulai hari Senin-Jumat dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore sehingga ada 432 jam dengan 216 sesi. Materi yang diajarkan mulai dari listening, speaking, writing, reading, grammar dan workshop.” jelasnya.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM