image_pdf

Malang. The National Agency for Academic Assessment and Acreditation (ANAAA) Timor Leste menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Malang (UM) untuk meningkatkan kualitas kurikulum Pendidikan Tinggi di Timur Leste. Pertemuan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak dilaksanakan di Gedung Graha Rektorat UM pada Senin (08/07). Presiden ANAAA, Dr. Samuel Freitas beserta sekretaris ANAAA, Dr Sebastian Pierera dan direktur eksekutif ANAAA, Dr. Edmund Vegas disambut baik oleh Rektor UM dan jajaran pimpinan UM.

Presiden ANAAA akui UM merupakan satu dari universitas terbaik di Indonesia, terbukti dengan peringkat UM yang berada di cluster 1 perguruan tinggi versi Kemenristekdikti. UM yang notabene adalah kampus pendidikan dirasa cocok dengan kebutuhan ANAAA untuk meningkatkan kurikulum pendidikan di perguruan tinggi Timur Leste.

“Kerjasama yang kami maksud bisa dituangkan dalam bentuk workshop atau pelatihan untuk wakil dari 15 institusi perguruan tinggi di Timur Leste, sehingga nantinya bisa diterapkan di masing-masing institusi. UM diharapkan bisa menyediakan beberapa dosen untuk menjadi trainer atau narasumber dalam workshop tersebut,” ujarnya.

Profil setiap fakultas disampaikan oleh masing-masing pimpinan fakultas agar ANAAA bisa mempertimbangkan program apa yang sekiranya diinginkan. Direktur Hubungan International (HI) UM, Evi Eliyanah, S.S., M.A. sebagai moderator memandu jalannya diskusi dengan baik. Aspirasi ANAAA diterima dan dipadupadankan dengan program yang tersedia di UM.

“Kurikulum yang digunakan UM adalah kurikulum transdisipliner, hal itu memungkinkan mahasiswa bisa mengambil mata kuliah pilihan di fakultas lain. Selain itu, sistem pembelajaran tidak hanya dilaksanakan secara tatap muka, tetapi juga pertemuan daring,” ujar ketua Lembaga Pengembanga Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM, Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM