image_pdf

Malang – Fakultas Ilmu Keolahragaan ( FIK UM) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Perspektif Sport Science dalam Perkembangan Olahraga Kesehatan dan Rekreasi” ini menghadirkan 4 narasumber.  Kegiatan itu diadakan di gedung Sasana Budaya UM pada tanggal 20 Maret 2019. Seminar yang dimulai pukul 07.30 s/d 14.00 WIB tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan II, Ketua P2SIKI ( Perkumpulan Program Studi Ilmu Keolahragaan Indonesia), Ketua Jurusan Ilmu Keolahragaan.

Seminar yang diikuti oleh lebih dari 400 orang peserta yang terdiri dari Dosen, Guru, Praktisi keolahragaan dan mahasiswa dari berbagai Profinsi di Indonesia ini, dibuka oleh Ketua Pelaksana, dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes. dan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Sapto Adi, M.Kes. Acara seminar dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama menampilkan narasumber Mustika Fitri, M.Pd., Ph.D dan Dr. Abdul Aziz H., S.Or., M.Or., dan sesi kedua dilanjutkan dengan  Drs. Said Junaidi, M.Kes., dan Dr. Saichudin, M.Kes.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan UM dalam pidatonya mengungkapkan,  “Jurusan Ilmu Keolahragaan bisa memberikan sumbangsih yang bermakna bagi kesehatan keolahragaan dan edukasi, ilmu tidak sekedar ilmu, akan tetapi ilmu dapat diaplikasikan dimasyarakat, dan bisa menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat luas.”

Selain itu juga disampaikan bahwa, ” keolahragaan kesehatan (sport medicine) bukanlah sebuah bidang ilmu yang dimonopoli oleh satu atau dua bidang keahlian saja, akan tetapi merupakan sebuah bidang ilmu terapan,”tambanya.  Mengakhiri pidatonya, beliau mengungkapkan harapan agar acara Seminar Nasional ini bisa memberikan manfaat, terutama untuk meningkatkan SDM yang ada.

Dengan diadakannya seminar ini, maka harapan yang ingin dicapai sesuai dengan yang diungkapkan oleh ketua pelaksana, dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes, “agar peserta seminar mendapat manfaat yang besar sehingga mampu mewujudkan atmosfir akademik riset yang baik, kokoh, berkelanjutan sesuai dengan perkembangan dari Ilmu Keolahragaan.

“Saya sampaikan terima kasih kepada para pimpinan UM, para sponsor, dan juga kepada mahasiwa yang bertugas sebagai panitia yang telah memberi fasilitas, maupun membatu kelancaran acara ini, sekali lagi terimakasih,”pungkasnya.

Penulis: Moch. Ian Fajrin/Budiharto – Humas UM