image_pdf

Malang. Fakultas MIPA (FMIPA) mengadakan program pengabdian masyarakat berupa workshop yang mengusung tema “Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) dengan Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang”. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Swiss-Belinn Malang ini dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si.

Acara yang dilaksanakan pada Selasa (12/03) ini dihadiri oleh pejabat dinas pendidikan serta kepala sekolah SMP dan SMA se-Kota Malang. Dra. Zubaidah, M.M selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang memberikan pengarahan kepada para undangan yang datang untuk senantiasa menanamkan pendidikan karakter kepada guru dan siswa. Dra. Ema Sumiarti, M.Si yang merupakan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Batu  turut hadir dan memberikan arahan mengenai pendistribusian mahasiswa saat praktik mengajar sebagai bentuk pemerataan kualitas pendidikan di Kota Malang.

“Salah satu upaya kami untuk ikut memajukan pendidikan di Kota Malang adalah dengan bekerja sama dengan SMP/SMA di Kota Malang. Sesuai dengan kebijakan mengenai merdeka belajar dan kampus merdeka, membuat kami merekonstruksi kurikulum prodi pendidikan agar sesuai dengan keadaan di sekolah sekarang. Untuk membuat hal ini berhasil maka diperlukan sinergi antara kampus dan sekolah. Maka dari itu kami mengundang bapak/ibu sekalian untuk memulai kerja sama tersebut sebagai langkah awal perubahan ini. Selain itu kebijakan dari kampus setelah penandatanganan MoU antara Rektor dan Walikota Malang agar dapat memberi perhatian pada sekolah dan masyarakat di kota malang termaksud dalam penerimaan mahasiswa agar banyak siswa dari malang yang bisa masuk ke Universitas Negeri Malang (UM), sehingga mampu meningkatkan kualitas dari masyarakat Malang sendiri.” Ujar Dekan FMIPA UM

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang peran sekolah dan perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas pendidikan yang dibawakan oleh Dr. Ibrohim, M.Si. Acara ini diakhiri dengan penandatangan MoU antara FMIPA UM dan Dinas Pendidikan Kota Malang serta SMP/SMA di Kota Malang.

Pewarta : Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM