image_pdf
FOTO BERSAMA 10 KAMPUS

Trenggalek. Bangku perkuliahan masih menjadi salah satu tangga dalam menggapai sebuah cita. Setiap tahunnya siswa-siswi kelas XII di Trenggalek bersaing dalam mendapatkan posisi sebagai mahasiswa baru. Untuk menjembatani tentang informasi perguruan tinggi, diperlukan sosialisasi kampus (soskam) kepada siswa-siswi kelas XII. Hal ini menjadi wadah untuk putera-puteri daerah sebagai mahasiswa yang tergabung dalam organisasi daerah di perguruan tinggi masing-masing untuk mempromosikan kampusnya.

Salah satu kegiatan soskam di Trenggalek Tahun 2020 dilaksanakan di SMAN 1 Panggul, Jumat (03/01). Bertepatan di Laboratorium Fisika, beberapa perguruan tinggi berkumpul untuk dapat mempromosikan kampusnya. Kegiatan soskam tersebut dimulai pukul 07.30-11.00 WIB dengan peserta soskam mulai dari kelas XII IPA dan XII IPS.

TIM SOSKAM MAGNUM UM

Kegiatan soskam tersebut dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesi Raya, sambutan kepala sekolah oleh Drs. Edi Purwanto dan dilanjutkan dengan penyampaian materi per perguruan tinggi.

Dalam soskam tersebut, Universitas Negeri Malang (UM) juga hadir yang diwadahi oleh orda Mahasiswa Trenggalek UM (MAGNUM). Selain UM, perguruan tinggi yang hadir ada dari wilayah Yogyakarta yaitu KMPT Yogyakarta, wilayah Surabaya ada Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Wilayah Malang selain UM yang hadir terdapat dari Universitas Brawijaya (UB), Politeknik Negeri Malang (Polinema), Poltekkes Kemenkes Malang (Polkesma), dan wilayah Jember terdapat Universitas Jember (UNEJ) dan Politeknik Negeri Jember (Polije).

TIM SOSKAM UNESA

Sistem soskam tersebut hampir sama seperti tahun sebelumnya yaitu seluruh kampus diberikan waktu beberapa menit untuk mempromosikan kampusnya secara bergiliran di Laboratorium Fisika, setelah itu juga diberikan stand-stand per kampus.

Dresscode yang digunakan dalam kegiatan tersebut adalah almamater kebanggaan masing-masing kampus. Kegiatan ini juga dibantu oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Panggul dalam mempersiapkan ruangan, stand, persiapan sound system dan segala kebutuhan yang digunakan dalam soskam tersebut.

Ragil Mahardika selaku Penanggung Jawab kampus Polinema memberikan penjelasan persiapan kampusnya.

TIM SOSKAM POLINEMA

“Untuk Polinema sendiri persiapannya juga dilakukan jauh-jauh hari karena Polinema tidak hanya soskam di SMAN 1 Panggul namun juga sekolah lain di Trenggalek. Soskam ini diwadahi oleh orda MAGMA yaitu Mahasiswa Trenggalek Polinema”

Lebih lanjut ragil juga menyampaikan bahwa dengan adanya soskam ini selain menjadi promosi kampus masing-masing namun juga silaturahmi para alumni SMAN 1 Panggul dan bertemunya putera-puteri daerah dari berbagai perguruan tinggi.

Pewarta : Riki Pratama – Internship Humas UM