image_pdf
Rektor UM Bersama pihak radio City Guide FM

Malang. Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. H. AH. Rofi’uddin, M.Pd. jalin silaturahmi dengan media massa radio City Guide FM 2 dan Tabloid Inspirasi Pendidikan di ruang kerja rektor lt. 8 Graha Rektorat pada Kamis (6/2). Pertemuan ini didampingi oleh Kabag Humas dan Kerjasama Dra. Hj. Komariyah dan Kasubag Humas Ifa Nursanti, S.AP. mengingat tujuan awal yaitu menjalin kerjasama dengan UM dalam bidang publikasi informasi dimana penyebaran info UM akan diperluas lewat media masa luar kampus.  

Usai penyampaian maksud kedatangan, pihak radio city guide FM 2 mulai menawarkan publikasi UM lewat siaran khusus di radio. Hal ini sangat membantu tim branding untuk menyebarluaskan info-info UM ke masyarakat luas, mengingat seleksi masuk PTN sudah tinggal beberapa bulan lagi. Di era milenial sekarang radio kurang diminati masyarakat, tidak salah jika radio digunakan sebagai pelengkap.

Rektor UM saat melihat contoh tabloid Inspirasi Pendidikan

“Kita sekarang berupaya agar radio bisa dinikmati, untuk itu kami menwarkan kerjasama dengan UM. Sering kali hafal lagu-lagu padahal tidak membacanya, karena mendengar lebih mudah untuk menghafal. Kami menawarkan kepada UM untuk mengisi siaran pagi sekitar pukul 09.00-11.00 WIB dimana kami akan sosialisasi, publikasi informasi dan edukasi. Dengan demikian profil UM akan kami angkat dan membranding juga.” Ujarnya pihak radio city guide.

Untuk ulasan pertama pihak radio memberikan pertanyaan terkait keunggulan yang dimiliki UM. Menanggapi hal itu Pak Rofi’ menjelaskan produk yang sudah dihasilkan mahasiswa, “Kami memiliki produk unggulan di bidang inovasi yang diurus oleh LP3, PKM, maupun karya ilmiah dari mahasiswa S1, S2 dan S3 dan karya dosen. Waktu dies natalis kemarin UM menampilkan sekitar 180 produk inovatif. Salah satunya pemanfaatan daun luntas dan jarak. Karya tersebut sebagai titik awal untuk mempromosikan UM ke masyarakat. Meskipun temuan yang dihasilkan kecil, mahasiswa selalu mendapatkan pendampingan dari dosen.” jelasnya.

Rektor berfoto bersama dengan pihak pihak Tabloid Inspirasi Pendidikan

Selain radio, ada media cetak tabloid inspirasi pendidikan yang mengajukan kerjasama dengan UM dimana publikasi akan dilakukan lewat tulisan.

“Kami akan menyediakan kolom, silahkan nanti dari UM mau mengisi apa. Harapan kami lewat kerjasama ini dapat meningkatkan budaya literasi mahasiswa. Selain itu mahasiswa juga bisa mengirimkan tulisannya berupa puisi atau cerpen kepada kami untuk dimuat setelah masuk tahap editing.” jelas tim inspirasi pendidikan.

Publikasi yang dijalankan UM sampai sekarang ini selain promosi ke sekolah juga lewat media sosial resmi berupa IG:@universitasnegerimalang, FB: informasi.UM, twitter UM_1954 dan Youtube: universitasnegerimalangofficial. Diharapkan info resmi UM bisa menyebar ke  masyarakat luas.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto: Deni Wahyu Ramadhan- Internship Humas UM