image_pdf

Blitar. 119 mahasiswa baru angkatan 2019 memadati Aula Kampus Tiga Universitas Negeri Malang (UM) pada Sabtu (31/08). Tak terkecuali, semua mahasiswa baru angkatan 2019 kampus tiga UM mengikuti Ujian Tes Kompetensi Bahasa Inggris (TKBI). Sebelumnya, pada (24/08) Unit Pelaksana Teknis Balai Bahasa dan Budaya UM sebagai penyelenggara telah menyelenggarakan Ujian TKBI di Graha Cakrawala UM. 6.767 mahasiswa baru angkatan 2019 melaksanakan ujian TKBI yang sama soalnya dengan yang diujikan di kampus tiga.

Soal yang diujikan dalam TKBI adalah tes bahasa inggris Paper Basic Test (PBT). Terdiri dari tiga jenis tes yaitu structure, reading, dan listening, TKBI dilaksanakan selama satu sesi pukul 08.30 s/d 11.30 WIB. Adanya tes ini tidak lain dilakukan untuk menguji kompetensi bahasa inggris para mahasiswa baru angkatan 2019.

Seluruh peserta mengikuti tes dengan tertib. Sebelum tes dimulai, mahasiswa telah diberi arahan mengenai aturan terkait pelaksanaan tes. Dengan begitu, mahasiswa paham benar dengan tata tertib dan rangkaian pelaksanaan TKBI. Turut hadir Koordinator Pelaksana Kampus Tiga (KPP3) UM, Yuniawatika S.Pd, M.Pd dan para staf kampus tiga mengawasi jalannya ujian.

Salah satu peserta tes, Nadia yang merupakan mahasiswa baru angkatan 2019 peserta tes TKBI mengaku soal TKBI susah baginya. Sementara itu, Natalia yang juga merupakan peserta tes berpendapat yang sama.

“Sebelumnya ada pembelajarannya dulu biar bisa belajar juga,” harap Natalia. Mahasiswa yang berasal dari Selorejo Blitar tersebut berharap sebelum dilaksanakannya tes, mahasiswa dibekali kemampuan bahasa inggris (TOEFL) terlebih dahulu.

Pewarta           : Umi Nahdhiah – Internship Humas UM