image_pdf
Wisudawan tahfidz quran UKM ASC

Malang. Sampai saat ini, banyak sekali orang yang ingin menghafal Al-Quran, hanya saja mereka masih banyak kekurangan motivasi terlebih motivasi eksternal, sehingga perlu adanya dukungan dari berbagai pihak. Dengan demikian,Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Qur’an Study Club (ASC) menggelar wisuda tahfid 3 yang bertempat di Aula D4 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM).

Maka dalam hal ini UKM ASC ikut berperan aktif guna mendukung mereka agar tetap semangat dalam menghafal AlQuran serta mempelajarinya dengan mengadakan Ujian Tahfidz yang diharapkan dapat memacu motivasi mereka dalam mempelajari serta mengahafal Al-Quran. Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Karakter Qur’ani dengan Menjaga Kalam Ilahi” diselenggarakan selama dua hari yaitu Sabtu (30/11) dan Minggu (1/12) dengan rangkaian acara yang berbeda. Pada Sabtu (30/11) telah digelar Ujian Tahfidz UKM ASC Tahun 2019 dan esok harinya dilanjutkan dengan wisuda Tahfidz bagi wisudawan dan wisudawati yang dinyatakan lolos.

Pemberian medali dan sertifikat kepada wisudawan tahfidz qur’an

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa pada peserta Ujian Tahfidz, meningkatkan pemahaman dan penghayatan kandungan Al-Quran pada peserta Ujian Tahfidz, meningkatkan silaturahmi dan menumbuhkan dan memacu semangat menghafal dan mempelajari Al-Quran Al-Karim.

Dalam ujian tahfidz, peserta dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kategori ujian 1 juz, 2 juz, 3 juz, 4 juz, 5 juz dan lebih dari 5 juz.

Sesi foto bersama wisudawan tahfidz qur’an beserta penguji

Ainun Najib, selaku ketua Pelaksana menuturkan visi misi UKM ASC dan keterkaitannya dengan kegiatan tersebut.

“UKM ASC merupakan suatu organisasi yang bergerak dalam bidang Ke-Al Quranan. UKM ASC mempunyai visi untuk mencetak generasi rabbani yang berjiwa Qurani. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan kembali rasa cinta Al-Quran khususnya bagi mahasiswa UM diselenggarakanlah suatu kegiatan untuk saling mengenal dan semakin dekat dengan Al Quran” tuturnya.

Di akhir prosesi wisuda tahfidz, para peserta menunjukkan kebolehannya dalam menyambung ayat yang diuji oleh penguji.

Pewarta : Fierda Nursitasari Amaliya – Internship Humas UM