image_pdf

Malang. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Qur’an Study Club (ASC) Universitas Negeri Malang (UM) sukses melaksanakan Milad ke-VII yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Mei 2020. Berbeda dengan tahun ini, Milad UKM ASC dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19.

Milad ASC merupakan kegiatan tahunan yang diadakan dalam rangka memperingati hari lahir UKM ASC pada 17 Ramadhan yang bertepatan dengan Nuzulul Qur’an. “Eratkan Ukhuwah, Kuatkan Mahabbah kepada Al-Qur’an yang Penuh Berkah” menjadi tema  berpadanan dengan pandemi Covid-19. Ketua Pelaksana Milad UKM ASC, Riza Agung Pribadi menjelaskan bahwa pemilihan tema tersebut bertujuan agar bersatu mensyiarkan semangat cinta Al-Qur’an.

Pelaksanaan Milad ke-VII yang telah dipersiapkan matang sebelum pandemi mengalamai banyak perubahan jadwal dari rencana semula yakni dirangkai dengan dua media yaitu via live Instagram dan Youtube.. “Milad ASC ke-VII ini sebenarnya akan dilaksanakan pada (10/5) di desa tertentu dengan polesan bakti sosial. Namun kami merubah haluan akibat pandemi Covid-19 dengan melaksanakannya secara daring”, jelasnya. Riza juga menjelaskan bahwa pihaknya tetap akan melaksanakan prosesi Milad dengan kegiatan bakti sosial menunggu arahan dan kebijakan kampus.

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat panitia, antusias dalam berkoordinasi yang intensif melalui media sosial menjadi salah satu keberhasilan terlaksananya Milad ASC ke-VII. Mengingat kebijakan kampus yang membatasi kegiatan menimbulkan kerumunan di kampus, sistem daring juga memiliki beberapa kendala dalam berkoordinasi dengan pemateri karena membutuhkan pemilihan waktu dan tempat yang sesuai untuk pengambilan video live streaming.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini tentunya jangan menjadi batasan dalam memaksimalkan suatu event yang semestinya terlaksana. Panitia Milad ke-VII ASC menjelaskan bahwa pelaksanaan event walaupun secara daring masih bisa dilaksanakan dengan menguatkan niat dan tujuan yang didasari keikhlasan, memperkuat koordinasi dengan panitia dengan memperhatikan aksesibilitas panitia dan anggaran kegiatan, mengikuti prosedur kampus dan protokol kesehatan, memperbanyak referensi acara online serta konsultasi kepada orang yang berpengalaman, serta memaksimalkan media sosial dan melibatkan semua komponen organisasi.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM