image_pdf

Timika. Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan seleksi bagi calon peserta penerima beasiswa dari Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) Timika, Papua untuk melaksanakan pendidikan di UM. Seleksi yang diikuti oleh 51 peserta tersebut dilaksanakan di gedung Multipurpose Community Center (MPCC) LPMAK, Rabu (19/06). Dewan penguji beasiswa berasal dari UM yaitu Wakil Rektor IV UM, Prof. Ibrahim Bafadhal, M.Pd., Ketua LP3 UM, Drs. I Wayan Dasna, Ph.D., kepala P2KB3A, Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd. dan dari Pengembang Kerjasama UM, Dr. Sucipto.

Terdapat dua tahapan ujian seleksi yaitu ujian tulis dan wawancara. Ujian tulis dimulai pukul 9 dan  wawancara dilaksanakan setelahnya. “Peserta mulai registrasi jam 8, jam 9 sudah mulai mengerjakan. Semula diprediksi akan ada keterlambatan kehadiran peserta, namun hal tersebut tidak terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias mengikuti,” ungkap Ella Faridati Zen, salah satu penguji.

Kerjasama UM dengan LPMAK telah terjalin sejak tahun 2014. Beasiswa yang diberikan mencakup biaya hidup (transport, uang makan, kebutuhan alat tulis), Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan asuransi. Sedangkan kuota beasiswa  yang disediakan untuk UM sebanyak 20 orang.

Kepala Biro Pendidikan LPMAK, Fransiskus Wanmang mengatakan bahwa kegiatan beasiswa tersebut sangat positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Timika. “Harapan kami kedepan mudah mudahan tidak hanya beasiswa untuk pelajar yang tersedia, tetapi juga untuk pendidik dari kabupaten ini. Semoga Kami bisa kerjasama untuk hal itu,” ujarnya.

“Kerjasama antar kedua belah pihak diharapkan bisa berkembang tidak hanya beasiswa untuk studi di UM namun juga kerjasama dalam pengembangan sekolah-sekolah binaan LPMAK, seperti peningkatan kompetensi guru-guru, pengembangan kurikulum dan sebagainya,” tambah Wakil Rektor IV UM, Prof. Ibrahim Bafadhal.

Hasil ujian seleksi beserta rekomendasi dari para  penguji diserahkan kepada pihak LPMAK setelah ujian wawancara. Selanjutnya pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan oleh pihak LPMAK sebelum Bulan Juli mendatang.

Pewarta : Ifa Nursanti/Ulya Aziza Fitriya – Humas UM