image_pdf
Ifa Nursanti, S.AP selaku Sub Koordinator Subbag Humas UM menjadi host dalam acara ini

Malang. Universitas Negeri Malang (UM), sebagai kampus yang unggul dan menjadi rujukan, mengadakan Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN, Mandiri Tahun 2021. Pada tanggal 11 Februari 2021, UM mengadakan presentasi tentang kampus UM kepada calon mahasiswa baru angkatan 2021 gelombang 2, menggunakan aplikasi zoom yang juga dilakukan siaran langsung berbasis youtube.

Dalam acara ini, Ifa Nursanti, S.AP selaku Kasub Koordinator Humas UM menjadi host dalam acara ini. Adapaun moderator dalam kegiatan ini adalah Dra. Hj. Komariah, selaku Kepala Koordinator Kerjasama dan Humas UM.

Koordinator Bagian Kerjasama dan Humas UM Dra. Hj. Komariah, menjadi moderator

 “Universitas Negeri Malang merupakan kampus yang menawarkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Secara singkat, UM telah mengembangkan berbagai macam aplikasi yang dirancang untuk membelajarkan mahasiswa baik secara dalam jaringan (online) maupun luar jaringan (luring). Kampus UM juga didukung dengan laboratorium, gedung perkuliahan terpadu, dan yang tidak kalah penting adalah sudah menerapkan kurikulum transdisipliner berbasis kehidupan.” Jelas Prof. Dr. Suyono selaku Staff Ahli Wakil Rektor 1 UM.

Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd menjelaskan bahwa mutu lulusan Universitas Negeri Malang sudah diakui bahkan sampai tingkat internasional. Beliau menjelaskan bahwa para lulusan UM diakui oleh perusahaan-perusahaan multinasional dan kampus-kampus Internasional, maupun industry kreatif tingkat dunia.

Prof. Dr Suyono, M.Pd (tengah) dan Dr. Imam Agus Basuki (sisi kiri layar)
saat mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru UM Sesi 2

“Lulusan UM sudah diakui oleh perusahaan-perusahaan di mancanegara. Alumni kami ada yang bekerja sebuah industri yang berada di Eropa, lebih tepatnya kota Berlin Republik Federal Jerman, juga Australia, Amerika Serikat, Chili dan negara-negara lain. Banyak juga yang mendapat beasiswa untuk lanjut studi melalui beasiswa LPDP dan berbagai macam beasiswa lainnya. Kami juga mendapat data dari tracer study bahwa ada yang membuka start-up dan menjadi content creator dengan gaji menggunakan USD dan Yuan.” Jelas Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd

Dr. Imam Agus Basuki M.Pd menyampaikan materi

“Guru-guru lulusan UM juga banyak yang bekerja sekolah-sekolah. Mulai dari sekolah yang berada di 3T, ada juga yang bekerja di sekolah internasional, mengajarkan Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) kepada warga negara Amerika Serikat, Jepang, Korsel, dsb dan ada juga yang menjadi guru di sekolah Indonesia yang berada di Arab Saudi, Malaysia, Hongkong dan berbagai negara lainnya.” Lanjut Dr. Imam Agus Basuki M.Pd, memberi penjelasan tentang prospek kerja alumni UM.

“Karena itu, jangan ragu untuk bergabung bersama UM dan menjadi bagian dari kampus UM.” Ajak Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd kepada calon mahasiswa UM di seluruh Indonesia.

Penulis: Ferril Irham Muzaki – Dosen KSDP FIP UM

Link Streaming:

Sesi 1

Sesi 2