image_pdf

Malang- Universitas Negeri Malang (UM) selalu memberikan pelayanan terbaik diberbagai bidang, khususnya di pelayanan akademik bagi mahasiswa yang berada di seluruh Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan terselenggaranya Workshop Pengembangan KIT Tutorial Bahan Ajar Online dan Bahan Ujian pada (21-22/03). Workshop yang dihadiri oleh para dosen dari 5 prodi, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Ekonomi, Ilmu Pendidikan, dan Teknologi Pendidikan UM ini menghadirkan pemateri Trini Prastati. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Graha Rektorat Lt. 9 ini bertujuan untuk memberi fasilitas kepada para mahasiswa UT di seluruh Indonesia untuk mendapatkan bimbingan secara online dan penyebaran materi berupa modul pembelajaran yang dapat diakses secara online juga tentunya.

Hal yang ingin dihasilkan dari terselenggaranya workshop ini yaitu berupa KIT tutorial, bahan ajar online, dan bahan ujian. Adapun tahapan dan waktu pelaksanaannya ialah 21-22 Maret 2019 penyamaan persepsi dan pengembangan KIT tutorial. Kemudian pada tanggal 11-12 April 2019 finalisasi pengembangan KIT turtorial dan penyamaan persepsi serta pengembangan bahan ajar tutorial. Selanjutnya, pada tanggal 03-04 Mei 2019 yaitu finalisasi penyamaan persepsi pengembangan bahan ajar tutorial dan penyamaan persepsi pengembangan bahan ujian. Tahapan yang terakhir ialah pada tanggal 04-05 Juli 2019 yaitu finalisasi pengembangan bahan ujian.

Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor II UM menyampaikan “Pada kegiatan ini FKIP UT bekerjasama dengan beberapa fakultas di UM, yakni Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Sosial. Saya berharap kerjasama ini akan meluas dengan fakultas-fakultas lainnya. Saat ini adalah gencar-gencarnya menerapkan pembelajaran online, walaupun belum sampai 50%, tetapi untuk semester ini sudah ditetapkan sistem belajar online sampai 30%. Oleh karena itu, apa yang akan dilakukan disini sebenarnya adalah untuk meningkatkan prosentase pembelajaran online oleh karena itu dilakukan workshop ini”, jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Wakil Rektor II UM ini mengutarakan harapannya “Mudah-mudahan workshop ini nanti benar-benar mennghasilkan KIT tutorial yang bisa diberlakukan tidak hanya di kawasan jawa, namun juga di kawasan luar jawa yaitu di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke”, tambahnya.

Pewarta           : Salsabila Indana-Internship Humas UM