image_pdf

Malang. Sebanyak 36 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Malang (UM) Jumat (26/04) lolos pendanaan 2019 mengikuti workshop lanjutan pembimbingan Jurnal dan Artikel PKM Pendanaan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh UM. Berpusat di Graha Rektorat, 36 tim PKM UM berkumpul sesuai dengan jenis PKM masing-masing. PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE) bertempat di Ruang Rapat Lantai 3, PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) di Ruang Rapat Lantai 7, PKM Kewirausahaan (PKM-K) di Ruang Rapat Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi dan Kerja sama (BAKPIK) Lantai 2, PKM Karsa Cipta (PKM-KC) di Ruang Rapat Minat, Penalaran, Informasi Kemahasiswaan dan Alumni (MPIKA) Lantai 2, serta PKM Pengabdian Masyarakat (PKM M) & PKM Teknologi (PKM-T) di Ruang Rapat Ikatan Alumni (IKA) Lantai 7.  

Para peserta workshop pembimbingan begitu antusias mengikuti kegiatan walaupun akhir pekan. Bimbingan ini notabene merupakan workshop bimbingan ketiga yang sudah mulai diadakan sejak beberapa minggu sebelumnya. Sebelumnya, para peserta telah diberi tugas untuk menyiapkan dan segera menuntaskan target luaran PKMnya masing-masing. Tim penalaran dan para alumni Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang tergabung dalam PKM Center memberi beberapa tugas meliputi log book  atau jurnal harian dan laporan kemajuan PKM. Dua hal tersebut adalah  hal wajib dan penting dalam pelaksanaan PKM. Selain itu, tim PKM juga ditugaskan menyusun draft artikelHak Kekayaan Intelektual (HKI) yang akan diajukan. Artikel merupakan komponen penting penentu lolos ke babak PIMNAS. Sedangkan HKI merupakan salah satu target luaran dari PKM.

Hadir sebagai pengisi workshop bimbingan PKM Kewirausahaan hari itu Aji Bagus Priyambodo, dosen fakultas psikologi UM yang sekaligus tim penalaran UM didampingi oleh Indra Febrianto, Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UM program sarjana 2018 membedah laporan kemajuan dan artikel yang telah disusun oleh masing-masing tim. Selain memberi banyak masukan, keduanya juga memberi tips dan trik pada peserta pembinaan yang hadir.

“Produk harus matang,” pesan Aji pada para tim PKM-K untuk mematangkan produk sebelum melakukan pemasaran.

Selanjutnya, garapan masing-masing tim yang telah dibedah dan diberi masukan oleh para pembimbing diperbaiki kembali. Adanya bimbingan ini tidak lain guna mempersiapkan tim PKM UM dalam menghadapi monev eksternal Juli mendatang. Sebelum itu, UM juga akan menyelenggarakan monev internal pada bulan Mei dan Juni 2019.

Pewarta : Umi Nahdhiah – Internship Humas UM