image_pdf

Malang.Universitas Negeri Malang (UM) menggelar wisuda ke-96 di Graha Cakrawala pada sabtu (9/2). Acara yang digelar mulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh ketua Senat, Rektor, segenap anggota senat, ketua ikatan alumni, pejabat struktural, para dosen dan tenaga kependidikan, segenap fungsionaris mahasiswa, segenap undangan dan para wisudawan beserta keluarga. Acara dibuka oleh ketua senat Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S. H., M. Hum. dan dilanjutkan dengan laporan kelulusan oleh wakil rektor I, pengukuhan wisudawan dan penyerahan piagam penghargaan kepada para lulusan terbaik tingkat universitas, pembacaan ikrar, sambutan wakil wisudawan, pidato rektor.

Dalam wisuda kali ini UM berhasil meluluskan 1.035 orang lulusan, terdiri atas 55 orang program Doktor Kependidikan, 149 orang program Magister Kependidikan, 3 orang Program Magister Nonkependidikan, 468 orang program Sarjana Kependidikan, 329 orang program Sarjana Nonkependidikan dan 29 orang Program Diploma III Non Kependidikan dan 2 orang program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Dengan bertambahnya lulusan pada wisuda ke- 96 ini, maka UM berhasil meluluskan sebanyak 126.774 orang, terdiri dari 1.672 orang program Doktor, 9.187 orang program Magister, 78.885 orang program Sarjana, 1.357 orang program PPG, 16.858 orang program Vokasi (D3) dan 18.815 orang program Nongelar. Sedangkan jumlah lulusan yang mencapai indeks prestasi kumulatif lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 824 orang (99,52%). Capaian dalam predikat yudisium kelulusannya yaitu dengan pujian sebanyak 345 orang (41,72%), sangat memuaskan sebanyak 479 orang (57,80%) dan memuskan sebanyak 4 orang (0,48%) termasuk program PPG. Sedangkan untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium dan kelulusannya adalah: dengan pujian sebanyak 145 orang (70,05%), sangat memuaskan sebanyak 48 orang (23,19%) dan memuaskan sebanyak 14 orang (6,76%).

Dari jumlah lulusan tersebut, 4 orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Nama keempat lulusan tersebut adalah Program vokasi yaitu Risqi Ilmi Pradana, A. Md. dengan IPK 3,58 lama studi 7 semester D3 Mesin Otomotif, Fakultas Teknik (FT) Yudisium dengan pujian. Program sarjana yaitu Flavia Konstantia Kartika Utami Dewi, S. Pd dengan IPK 3,94 lama studi 7 semester dari S1 Pendikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra (FS) Yudisium dengan pujian. Program Magister yaitu Joko Prih Triyana, M. Pd dengan IPK 3,99 lama studi 16 bulan dari S2 Magister Pendikan Dasar dari Pacasarjana Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Yudisium dengan pujian. Program Doktor yaitu Dr. Wiwin Yulianingsih dengan IPK 3,96 lama studi 39 bulan dari S2 Pendikan Luar Sekolah, Pascasarjana Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Yudisium dengan pujian. Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang nonakademik tingkat universitas diraih oleh Muhammad Dwi Hidayatullah, S. KM dari S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)

Dalam pidato Rektor, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. memberikan pesan untuk menjunjung tinggi citra dan keharuman nama baik almamater dan segenap civitas academica yang ada didalamnya dengan cara menjadikan diri sebagai orang-orang yang sukses dalam berkarya dan menjadi model bagi kehidupan di dunia pekerjaan dan masyarakat. Selain itu juga diharapkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari UM dan milikilah rasa cinta dan ikatan perasaan yang kuat dengan kampus.

Pewarta : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Tatagraha Rahmanda – Internship Humas UM