image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) tengah berupaya untuk meningkatkan peringkat universitas di kancah Nasional, yakni pemeringkatan oleh Kemenristekdikti. Disamping itu, UM juga berencana untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan Asia  dan Dunia. Oleh karenanya, UM mengundang Mr. E Way Chong selaku Direktur Regional Asia Selatan QS World Rangking untuk mensosialisasikan kriteria QS Rangking pada Selasa (23/07) di Gedung Graha Rektorat UM.

Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., selaku Wakil Rektor I UM menjelaskan posisi UM di pemeringkatan Kemenristekdikti.

 “Saat ini, peringkat UM dalam pemeringkatan Kemenristekdikti berada di Cluster 1, yaitu berada di 14 Universitas terbaik di Indonesia. Oleh karenanya, sosialisasi mengenai kriteria pemeringkatan di tingkat Asia dan Dunia bisa menjadi langkah awal bagi UM agar bisa berpartisipasi dalam kedua pemeringkatan tersebut,” ujarnya.

Terdapat 9 point penting, jelas Mr. E Way Chong, yang dipertimbangkan dalam pemeringkatan QS World Rangking. Diantaranya adalah Students, Academic, Prospective Partners, Scholarship Providers, Current Students, Employers, University Leaders, Government, dan alumni. Selain itu, terdapat 4 hal yang harus dimiliki oleh sebuah universitas agar dapat berpartisipasi dalam pemeringkatan tersebut, yaitu Researh, Teaching, Employability dan International.

“Methode yang digunakan oleh QS World Rangking dalam penilaiannya adalah sebagai berikut : Academic Reputation mendapat nilai sebesar 40%, Employer Reputation mendapat 10%, Facullty Student 20%,Citations per Faculty yang terindeks Scopus memiliki nilai sebesar 20%, International Faculty 5% dan International Student mendapat nilai 5%,” tambahnya.

Tidak jauh berbeda dengan penilaian di tingkat Asia, terdapat beberapa indikator yang dipertimbangkan. Diantaranya adalah Academic, Employer, Faculty Student, Citations per paper, Intwrnational Research Network, Papers per Faculty, Staff with Ph.D, International Students, International Faculty, Inbound Exchage Students dan Outbound Exchange Students.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM