image_pdf
Pemaparan presentasi dari perwakilan SDN 5 Lawang

Malang. 12 Sekolah di Kabupaten Malang mengikuti kegiatan Pendampingan Sekolah Adiwiyata tahap III yang merupakan kerja sama antara Universitas Negeri Malang (UM) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) pada Rabu (19/02) di Ruang Seminar LP2M, Graha Rektorat UM Lantai 6.

Dalam sambutannya, Prof. Markus mengatakan bahwa pendampingan ini merupakan salah satu bentuk tugas dari LP2M sebagai bentuk pengabdian UM pada masyarakat. Acara ini juga dihadiri oleh tim pendamping sekolah adiwiyata yang berasal dari UM.

Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si Selaku tim pendamping adiwiyata

“Kami sudah mengunjungi beberapa sekolah dan akan dilanjutkan minggu depan agar LP2M memiliki data yang lebih lengkap untuk pendampingan sekolah adiwiyata. Dari 12 sekolah yang ada, kami sudah kunjungi 9 sekolah dan mendapatkan data lokasi serta potensi yang bisa dikelola. Diharapkan dengan adanya pemaparan program kerja ini, kami dapat membayangkan potensi yang bisa dikelola oleh 3 sekolah yang belum dikunjungi. Selain itu, pendampingan ini diharapkan dapat memberikan masukan tambahan atau ide baru bagi sekolah yang telah dikunjungi agar dapat memaksimalkan lagi program yang telah dikelola.” Ucap Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si Selaku tim pendamping adiwiyata

Proses verivikasi pengecekan data sekolah

Materi yang dipaparkan oleh ke-12 sekolah tersebut merupakan program kerja yang dilakukan oleh sekolah dalam menjaga lingkungan baik pada lingkup sekolah maupun wilayah sekitarnya. Seperti salah satu pemaparan program yang dilakukan SD Negeri 03 Turen yakni “Sabtu Bersih” yang merupakan program membersihkan sungai yang terletak dekat dengan sekolah kemudian dikumpulkan dan dipilah sesuai jenisnya. Sampah yang telah dipilah kelak akan dijadikan sebagai beberapa kerajinan yang dapat meningkatkan tingkat kreativitas peserta didik.

Pewarta : Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM