image_pdf
UM dan Kominfo Gelar Angkat Isu “Pancasila, Kewirausahaan dan Transformasi Digital” dalam Seminar Pancasila

Direktorat Informasi Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dari KOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika) bekerja sama dengan UM (Universitas Negeri Malang) menyelenggarakan Forum Pendidikan Pancasila yang diberi tema “Pancasila, Kewirausahaan, dan Transformasi Digital”. Forum tersebut dilaksanakan secara luring di Aula Graha Rektorat UM Lantai 9 pada Sabtu (28/01). Acara ini mengundang Guru Besar UIN Sunan Ampel, Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag., dan Gita Ginezza sebagai narasumber. Tidak ketinggalan Drs. Wiryanta, MA., Ph.D., selaku Direktur IKPMK (Informasi Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Kemkominfo dan Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M. Pd., juga turut hadir untuk memberikan keynote speech.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M. Pd dan Tim Kominfo dalam Seminar Pancasila “Pancasila, Kewirausahaan dan Transformasi Digital”

Dalam sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M. Pd., menjelaskan tentang keselarasan tema forum dengan tujuan UM. “Acara ini sangat menarik untuk diikuti dan kita bisa belajar karena selaras dengan kurikulum UM yang menggunakan kurikulum berbasis kehidupan. Ketika kita bicara Pancasila, Kewirausahaan, dan Transformasi Digital ini sangat relevan dengan tujuan UM. Kebetulan kemarin UM baru saja launching program UM Super (Student Parent Entrepreneur), yang berupa relasi antara mahasiswa dan orang tua dalam membangun kewirausahaan. Negara bisa mandiri kalau warga negaranya memiliki jiwa kewirausahaan dan harus berdikari sehingga kita bisa berdaulat di bidang politik, mandiri di bidang  ekonomi, dan berkepribadian dibidang kebudayaan,” ujar Rektor UM.

Guru Besar UIN Sunan Ampel, Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag

Dalam kesempatan yang sama Direktur IKPMK (Informasi Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Kemkominfo Drs. Wiryanta, MA., Ph.D., juga menjelaskan tentang keterkaitan kewirausahaan dan pancasila.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M. Pd memberikan sambutan pada Seminar Pancasila “Pancasila, Kewirausahaan dan Transformasi Digital”

“Demokrasi politik sangat liberal, sedangkan demokrasi ekonomi cenderung ditinggalkan, padahal hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Dalam disrupsi inovasi terutama bidang finansial, pendidikan, dan logistik adalah cara mentransformasikan ini semua. Kita harus bangkit untuk membangun ekonomi kita saat ini, karena kita harus berhati-hati pada tahun 2023 ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja ” terang Direktur IKPMK.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari dua narasumber perihal keterkaitan antara Pancasila, Kewirausahaan, dan Transformasi Digital. Tiga hal tersebut sangat erat kaitannya dan penting untuk dipahami serta dipraktekkan khususnya oleh generasi milenial dan anak muda. 

Pewarta: Nahdiatul Affandiah – Internship Humas UM