image_pdf

MalangUpayaUniversitas Negeri Malang (UM) memfasilitasi para dosen/peneliti untuk meningkatkan kemampuan dalam penulisan artikel ilmiah dengan mengadakan klinik penulisan artikel ilmiah nasional. Kegiatan yang berada di bawah naungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UM ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual bekerjasama dengan Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) yang bermitra dengan beberapa Berkala Ilmiah terakreditasi Sinta 2.

Kegiatan yang diadakan di Hotel Atria, Malang ini dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari beberapa Berkala Ilmiah yang terakreditasi Sinta 2, yaitu: Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), Jurnal Keolahragaan, International Journal of Artifical Intellegence Research (IJAIR), Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan (JESP), Jurnal Ilmiah Teknik Industri (JITI), dan Journal of Mechatronics, Electrical Power, and Vehicular Technology (MEV) serta Direktorat Pengelolaan KI sebagai narasumber, Senin (29/07). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada tanggal 29 Juli 2019 dan berakhir pada tanggal 31 Juli 2019. Kegiatan ini mendatangkan dua narasumber, yakni: Prof. Dr. Ali Saukah, M.A., dan Dr, Hanief Arief, ST., MAP.

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Budi Soetjipto, M.Ed., M.Si., pada sambutannya menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini.

“Program ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan para dosen/peneliti perguruan tinggi dalam penulisan artikel ilmiah guna publikasi nasional. Seperti yang kita ketahui bersama pentingnya artikel ilmiah ini untuk personal, yaitu untuk kenaikan jabatan, pangkat, dan lainnya”, terangnya.

Beliau juga mengharapkan dengan adanya klinik penulisan artikel ini akan membantu dosen/peneliti untuk meningkatkan kemampuannya dalam penulisan artikel ilmiah. Beliau juga berterima kasih kepada Kemeristedikti atas kepercayaannya kepada UM untuk menyelenggarakan klinik penulisan ini.

Pada kegiatan ini peserta akan didampingi oleh salah satu anggota Dewan Redaksi Berkala Ilmiah yang dituju, untuk dibimbing dalam menyelesaikan artikelnya hingga layak dipublikasikan. Pendamping dari Dewan Redaksi Berkala Ilmiah, antara lain: Yazid Basthomi (JIP), Syarif Fajaruddin (Jurnal Keolahragaan), Heri Nurdiyanto (IJAIR), Eko Setiawan (JAM), Linda Seprilliana (JESP), Dian Ari Nugroho (JITI), dan Tinton Dwi Atmojo (MEV).

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Ulya Fitria Aziza-Internship Humas UM