image_pdf
Diskusi antara Atdikbud KL dan WR IV

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) menggelar audiensi kerjasama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI KBRI Kuala Lumpur, Mokhamad Farid Maruf. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi video conference Zoom pada Selasa (23/02) ini dihadiri oleh pimpinan UM dalam bidang kerjasama, diantaranya adalah Wakil Rektor IV bidang kerjasama, Prof. Dr. Ibrahim Bafadhal, M.Pd serta jajaran staff Hubungan Internasional UM. Audiensi ini bertujuan untuk mengeksplorasi kerjasama internasional antara UM dengan institusi yang ada di Malaysia.

“Hubungan kita dengan Malaysia itu sangat intensif ya, harapannya kerjasama kita semakin meluas. Tidak sekedar dalam hal pendidikan tinggi tetapi juga bisa menggarap bermacam macam program pengembangan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) yang ada di Malaysia yang perlu dikembangkan,” ujar Prof. Ibrahim dalam sambutannya.

Pemaparan agenda dan materi apa saja yang akan di bahas di pertemuan ini

Agenda dalam pertemuan kali ini adalah membahas mengenai kerjasama yang telah terjalin antara UM dan Malaysia, beberapa kerjasama yang perlu diperpanjang, dan kerjasama apa saja yang bisa dilaksanakan di masa yang akan datang. UM memaparkan beberapa kerjasama yang telah terjalin dengan Malaysia diantaranya dalam bidang 1) Pendidikan terdapat kerjasama dengan 11 institusi,  2) Pendidikan, Penelitian, Kegiatan Sosial dengan 2 institusi, 3) Penelitian dengan 4 institusi, 4) Pengabdian kepada masyaraat dengan 1 institusi.

Peserta yang mengikuti diskusi kerjasama

Sedangkan untuk kerjasama yang perlu diperpanjang, UM memaparkan beberapa bidang diantaranya adalah bidang Pendidikan dengan 10 institusi, Magang dengan 1 institusi, Penelitian dengan 3 institusi, dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan 2 institusi. Setelah mendengarkan paparan tersebut, Farid Maruf menjelaskan beberapa hambatan yang terjadi akan kerjasama yang telah terjalin dan beberapa kesempatan kerjasama yang bisa dilaksanakan di masa yang akan datang.

Wakil Rektor IV memberikan sambuatan di pertemuan diskusi kerjasama ini

“Terdapat beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan rencana kerjasama dengan Malaysia untuk masa yang akan datang diantaranya adalah kerjasama dalam bidang join degree atau double degree, join supervision atau pembimbingan bersama untuk tugas akhir mahasiswa, kuliah tamu sehingga bisa saling memberikan kesempatan untuk mengajar, kerjasama laboratorium, dan juga bisa berpartisipasi dalam Community Learning Center,” jelasnya.

Dalam diskusi tersebut, UM bisa merencanakan poin-poin kerjasama baru yang bisa dilakukan dengan institusi yang ada di Malaysia. Sehingga, hubungan UM di kancah internasional dapat berjalan dengan baik dan semakin meluas.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM