image_pdf

Malang-Universitas Negeri Malang (UM) melalui Pusat Pengembangan Kehidupan Beragama dan Kuliah Universiter (P2KBKU) LP3 UM menyelenggarakan Refleksi dan Zikir Akhir Tahun 2021, Jumat (31/12) di Masjid Al-Hikmah UM. Kegiatan ini dihadiri para Sivitas UM.

Prof. Dr. H. IM Hambali, M.Pd., Guru Besar Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM memberikan tausiyah dalam Refleksi dan Zikir Akhir Tahun 2021

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd menyampaikan rasa syukurnya terselenggaranya kegiatan ini.

“UM setiap akhir tahun baik itu akhir tahun masehi maupun hijriyah, senantiasa melakukan refleksi akhir tahun. Refleksi ini dimaksudkan untuk mengoreksi diri, baik secara individu maupun kelembagaan,” ungkap Rektor UM.

Lebih lanjut Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd berharap bahwa kegiatan ini mendapatkan keberkahan dan ridho SWT.

“Mari kita ikuti kegiatan ini dengan khidmat, dan harapan kita semua, acara pada siang ini kita selalu memperoleh barokah dan ridho SWT,” pungkasnya. 

Kegiatan selanjutnya doa bersama (Istighosah) yang dipimpin oleh Dr. Drs. H. Moh. Khasairi, M.Pd. Usai pembacaan dzikir bersama, dilanjutkan tausiyah oleh Prof. Dr. H. IM Hambali, M.Pd., Guru Besar Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM. 

Tema yang diangkat pada kesempatan ini tentang muhasabah (refleksi) diri. Pada Khalifah Umar Bin Khattab, muhasabah itu dilaksanakan setiap haridan pada setiap hari Jumat merupakan muhasabah untuk satu minggu sebelumnya. Apakah dalam satu minggu itu kita sudah memenuhi kriteria yang kita ingikan atau belum.

“Oleh karena itu mari kita merenungkan kembali dalam satu tahun ini (2021-red). kita awali muhasabah bidang agama, apakah kita selama satu tahun sudah memenuhi kriteria sebagai hamba Allah?,” awal Prof. Dr. H. IM Hambali, M.Pd. mengawali ceramah.

Lebih lanjut, muhasabah yang pertama adalah  istiqomah di dalam akidah islamiyah (tauhid), apakah didada kita masih ada iman? Hal ini kalau perlu dilakukan muhasabah setiap hari.

“Selanjutnya apakah kita sudah bisa memenuhi kewajiban kita kepada Allah SWT, yaitu sholat 5 waktu. mungkin setiap sholat kita paling lama 10 menit. kira-kira sudahkah memenuhinya dengan baik,” lanjut Prof. Dr. H. IM Hambali, M.Pd.

Kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut diakhiri dengan do’a dan sholat ashar bersama.

Link Streaming Refleksi dan Zikir Akhir Tahun 2021: https://www.youtube.com/watch?v=PHSNC9ayOmc

Pewarta: Ibrahim Naufal Daffa