image_pdf

Malang. Komisi Informasi (KI) Pusat Republik Indonesia menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi bagi badan layanan publik di Indonesia. Dengan mengangkat tema “momentum transformasi layanan keterbukaan informasi publik” kegiatan digelar pada Selasa (15/06/2021). Sebagai salah satu badan publik dengan kategori Informatif, Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui platform zoom tersebut.
UM menyertakan Staf Ahli Wakil Rektor IV, Dr. Juharyanto ,M.M., M.Pd., Koordinator Bagian Kerjasama dan Humas Dra. Hj. Komariyah, dan Sub Koordinator Subbag Humas, Ifa Nursanti, S. AP., untuk berpartisipasi pada yang kegiatan yang diikuti oleh berbagai badan publik di Indonesia dengan kategori Kementerian, Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Perguruan Tinggi Negeri, dan Pemerintah Provinsi.
Dalam sambutannya, Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana menyampaikan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi ini adalah rangka melaksanakan amanah konstitusi demi mewujudkan keterbukaan informasi publik seperti yang tercantum dalam UU Nomor 14 tahun 2008. “saya berharap kedepan badan publik yang ada bukan hanya sebagai konstelasi semata, melainkan bagaimana sinergitas itu bisa terbentuk baik antara KI Pusat, KI Daerah, dan Perguruan Tinggi” ujarnya.
Sementara itu, dalam arahannya Bapak Cecep Suryadi selaku Ketua Bidang Kelembagaan menyampaikan bahwa monev tahun ini terdiri dari beberapa tahapan dimulai dari sosialisasi, pengisian kuisioner, penilaian oleh tim, hingga presentasi yang berlangsung hingga bulan September. “Monev ini berprinsip objektif, akuntabel, partisipatif, dan berkelanjutan. Oleh karena itu kami mengharapkan kepada seluruh badan publik untik berpasrtisipasi aktif, dan hasilnya bisa meningkat. Di tengah pandemi Covid-19 marilah kita tingkatkan kinerja kita sebagai bentuk konkrit pengabdian kita bagi Negara Indonesia, mar kita laksanakan monev ini secara aktif, terukur dan sistematis,” pungkasnya.
Pewarta : Arya Wahyu Pratama – Internship Humas UM